Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan mahasiswa khususnya dibidang riset dan penyusunan strategi komunikasi, Program Pendidikan Vokasi UI menggelar Kuliah Umum “Big Data : Urgensi dan Utilisasinya dalam Strategi Komunikasi”. Dr. Komang B Aryasa, Head of Research PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk hadir sebagai narasumber pada Kuliah Umum yang diselenggarakan di Auditorium Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia pada 13 Maret 2018.

Dalam kesempatan ini Komang menyampaikan bahwa data menjadi kunci penting dalam menentukan strategi perusahaan di berbagai bidang termasuk komunikasi. Di era digital ini, masyarakat semakin akrab dengan smartphone dan mengakses berbagai data setiap harinya. Data tentang apa saja yang diakses oleh masyarakat menjadi penting untuk membaca arah pasar, perilaku budaya, hingga preferensi politik.  “Big Data merupakan teknologi yang memperlihatkan semua hal di samudera informasi sebagai dasar pengambilan keputusan yang tepat” ujar Komang.

Dalam kuliah umum ini dipaparkan bahwa Big Data memiliki karakter 3V yaitu Volume (menggambarkan besarnya volume data), Variety (Ragam), & Velocity (kecepatan). Big Data sangat membantu para komunikator untuk memetakan  karakter target khalayaknya secara tepat sehingga mampu menghasilkan strategi komunikasi yang efektif.

Dengan mengikuti kuliah umum ini diharapkan mahasiswa memperoleh wawasan tentang Big Data dan dapat memanfaatkannya dalam praktik di dalam proses perkuliahan. Metode pembelajaran yang berbasis perkembangan industri ini bertujuan mencetak lulusan yang siap bersaing di pasar kerja.

author avatar
Humas Program Pendidikan Vokasi UI
WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!