Program Studi Produksi Media

Deskripsi Program Studi

Program Sarjana Terapan (Diploma IV) Studi Produksi Media adalah program studi yang bertujuan untuk mencetak Ahli Sarjana Terapan yang mampu menciptakan/mendesain industri kreatif di bidang produksi media sesuai dengan etika profesi yang berlaku dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara inovatif dan bertanggung jawab. Sebagai institusi pendidikan vokasi, bobot pengajaran di Produksi Media terfokus pada memberikan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan untuk menghasilkan karya kreatif bidang Produksi Media, baik untuk konten digital, game, animasi, e-sports, NFT, konten iklan, desain visual, konten audio, komik, film eksperimental, konten musik, konten foto, konten streaming dan saluran komunikasi massa lainnya.

Ketika industri Produksi Media bermigrasi ke era digital, maka dunia pendidikan harus ikut mengadopsi perubahan tersebut agar lulusannya siap berkompetisi di bursa kerja. Perubahan itu bukan hanya menyangkut kepada proses transfer pengetahuan, kurikulum, namun juga sarana penunjang perkuliahan yang harus sesuai zaman. Peserta didik dinyatakan lulus berdasarkan hasil keputusan Yudisium yang diselenggarakan oleh Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia. Predikat Kelulusan sesuai peraturan perundangan yang berlaku. Peserta didik yang dinyatakan lulus berhak untuk menggunakan gelar Sarjana Terapan Ilmu Komunikasi (S.Tr.I.Kom.). Adapun ruang lingkup pembelajaran di Produksi Media adalah sebagai berikut.

Visi

Menjadi pusat pendidikan Produksi Media terapan yang unggul dan berdaya saing di ASEAN dengan meningkatkan pengetahuan dan teknologi terapan di bidang Produksi Media untuk menghasilkan lulusan yang mandiri, unggul, serta mampu menyelaraskan pendidikan formal dan kebutuhan dunia industri.

Misi

  • Menyediakan akses yang luas dan adil, serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas;
  • Mendorong ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten di bidang komunikasi Produksi Media dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap etika profesi
  • Menciptakan lulusan yang berintelektualitas tinggi, berbudi pekerti luhur, bertanggungjawab, berintegritas, beretika serta mampu bersaing secara global.
  • Mempersiapkan dan menciptakan lulusan yang mempunyai kompetensi secara profesional di tingkat nasional maupun internasional.

Kompetensi Lulusan

Beberapa SKKNI untuk beberapa profesi di bidang Produksi Media saat ini sedang dalam masa pembahasan yang akan dikonvensikan dan kemudian akan dilakukan pengesahannya oleh Menteri Tenaga Kerja RI. Oleh sebab itu berdasarkan SKKNI yang telah ada dan diskusi dengan pihak industri Produksi Media diputuskan beberapa profesi yang diharapkan dapat menampung lulusan Program Studi Produksi Media Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Mampu menciptakan ide untuk pembuatan produksi sebuah konten media sesuai kebutuhan khalayaknya
  2. Mampu melakukan perencanaan, pengaturan, pengarahan, dan pengawasan serta analisa terhadap produksi konten-konten media konvensional dan media baru.
  3. Mampu melakukan koordinasi dengan tim produksi dan tim kreatif di dalam produksi media konvensional dan media baru.
  4. Mampu melakukan pengolahan brief menjadi ide kreatif produksi konten media dan analisa media.
  5. Mampu menerapkan teknik dan proses kreatif dalam produksi media konvensional dan media baru.
  6. Mampu memproses ide kreatif ke dalam pesan komunikasi media konvensional dan media baru.
  7. Mampu menjalankan riset primer dan sekunder.
  8. Mampu merencanakan dan membeli media (media buying).
  9. Mampu menghitung rencana anggaran produksi sebuah konten media yang akan tayang di media konvensional dan media baru.
  10. Mampu menyelidiki biaya investasi dengan strategi kampanye.
  11. Memahami etika profesi dan regulasi di bidang produksi konten media yang ditetapkan oleh asosiasi profesi maupun regulator.

Dengan kompetensi tersebut, lulusan berpotensi kerja di berbagai unit kerja pada perusahaan IT, studio film, studio animasi, perusahaan produk animasi-game-comic-visual effect, studio game, agensi desain visual, perusahaan media, studio konten, perusahaan layanan streaming/OTT, agensi media, perusahaan start-up/rintisan, konsultan media, BUMN maupun berbagai perusahaan lainnya sebagai Digital Content Creator, Animator, Blockchain Practitioner, Game Producer, IT Manager, Game Designer, UI-UX Designer, Digital Media Planner & Analyst, Film Producer, E-sports Creator & Practitioner, Visual Designer, Music Producer, Comic Creator, Big Data Analyst, Media Intelligence maupun menjadi Wirausaha atau Technopreneur di bidang media dan teknologi.

Sertifikasi

Selain mendapatkan ijasah Diploma 4 Produksi Media, lulusan akan mendapatkan sertifikat dari lembaga sertifikasi kompetensi yang dikeluarkan dari Kemendikbud dan/ atau lembaga sertifikasi profesi yang dikeluarkan oleh Kemenaker dan diakui secara nasional.

Dosen Profesional

  • Achmad Istamar, PhD (Google)
  • Hendrika Gaudens Refwalu, MM (Microsoft)
  • Amelia Hapsari, MA (Academy Award Member/In-Docs)
  • Dr. Husnita (Telkomsel)
  • Dr. M. Hafizni (Metro TV)
  • Gerha Jayamala, MM (Entrepreneur, CEO Bos Bayi Besar)
X