Massive Online Open Courses (MOOCs)

Apa itu MOOCs?

UI MOOCs (Massive Online Open Courses) merupakan program yang memberikan akses kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti mata kuliah dari ahli terkemuka di Universitas Indonesia.

MOOCs dapat diikuti dari mana saja karena bersifat daring. MOOCs telah mengembangkan batas-batas pendidikan sehingga terjangkau oleh siapa saja.
Dalam proses pembelajaran berbasis MOOCs, salah satu keunggulannya adalah waktu yang fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan peserta. Mata kuliah-mata kuliah yang dilakukan berbasis MOOCs dirancang sesuai dengan kebutuhan industri dan sesuai dengan standar kompetensi yang ada

MOOCs Program Pendidikan Vokasi UI berfokus pada ilmu terapan sehingga peserta secara materinya langsung dapat diterapkan di industri.

MOOCs Berkredit

Pendaftaran di buka mulai 24 Oktober 2022 hingga 5 November 2022

Etika dan Pengembangan Pribadi

Pengajar: Mohammad Ridha

SKS: 3

Prodi: Administrasi Perkantoran

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu menjelaskan dan mempraktekkan Etika dan Pengembangan Pribadi, sehingga senantiasa dapat menyadari potensi diri yang dimiliki setiap individu, sehingga setiap individu berusaha membangun jiwa dan raga berdasarkan agama agar Jiwa Prima, Pelayanan Prima & Penampilan Tepat Serasi melandasi Citra Diri, Citra Perusahaan, Citra Bicara dan Citra Penampilan Visual.

Manajemen Kegiatan dan Keprotokolan

Pengajar: Istiadi

SKS: 3

Prodi: Administrasi Perkantoran

Mata kuliah ini memberikan pemahaman pengetahuan dan praktek Keprotokolan dan Manajeman Kegiatan

Manajemen Pusat Arsip

Pengajar: Dyah Safitri

SKS: 2

Manajemen Rekod dan Arsip Manajemen Pusat Arsip mempelajari pusat arsip dinamis inaktif bagi sebuah organisasi. Capaian pembelajaran mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu menggambarkan Pusat Arsip sesuai dengan persyaratan penyelenggaraan di Pusat Arsip. Metode pembelajaran dilakukan melalui diskusi kelompok kecil (small group discussion), pembelajaran kolaboratif (collaborative learning), dan project based learning dengan praktek di sebuah Pusat Arsip. Bahasa pengantar yang digunakan dalam kuliah ini adalah bahasa Indonesia.

Pemotongan & Pemungutan Pajak Penghasilan Lainnya

Pengajar: Fitria Arianty, S.Sos., M.Si.

SKS: 2

Prodi: Administrasi Perpajakan

Mata kuliah ini membahas Sistem Perpajakan, Administrasi Pajak, Metode Pemenuhan Kewajiban Perpajakan: Jenis dan sifat pemotongan pajak

Pengantar Organisasi dan Manajemen

Pengajar: Bintang Mukhammad Burhanudin Akbar, M.M.

SKS: 2

Prodi: Fisioterapi

Materi mata kuliah pengantar organisasi dan manajemen ini membahas konsep-konsep, prinsip-prinsip, teknik-teknik, proses dan sistem manajemen. Dalam aplikasinya menggunakan landasan filosofis, teori dan pembentukan keterampilan profesional berdasarkan kompetensi manajerial, serta tanggung jawab sosial dan etika, baik lingkup lokal, nasional, maupun internasional, juga memahami sistem kesehatan nasional maupun internasional.

Pengantar PPN & PPnBM

Pengajar: Elsie Sylviana Kasim, S.Sos., M.Si.

SKS: 2

Prodi: Administrasi Perpajakan

Setelah mengikuti mata ajar ini, mahasiswa akan mengetahui apa dan bagaimana konsep pengenaan Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah di Indonesia sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Praktik Hubungan Publik & Negosiasi Multimedia

Pengajar: Dr. Devie Rahmawati, S.Sos., M.Hum.

SKS: 2

Prodi: Hubungan Masyarakat

Mata kuliah ini mempraktikkan ketrampilan Komunikasi & Bisnis persuasif yang perlu dilakukan Humas dalam melakukan negosiasi multimedia untuk mendapatkan kondisi yang menguntungkan. Hal ini diperlukan dalam mengembangkan kegiatan Humas, mengambil keputusan dan menangani konflik yang terjadi. Materi pelajaran meliputi proses negosiasi, strategi dan teknik negosiasi, gaya dalam negosiasi, dan prinsip dalam negosiasi.

Praktik Pengelolaan Event

Pengajar: Mahadewi S.Sos., M.M.

SKS: 3

Prodi: Pariwisata

Mata kuliah ini berupa praktik dalam pengelolaan (registrasi, sistem registrasi, menempatkan peserta), operasional on site, mengelola kegiatan pendukung, mengendalikan keamanan dan keselamatan, mengelola pembicara dan pengisi acara, manajemen event berkelanjutan, evaluasi pada event, evaluasi setelah pelaksanaan event, manajemen kinerja atau event scorecard (kinerja keuangan, kepuasan pelanggan, proses bisnis, proses pembelajaran atau perbaikan).

Praktik Penyusunan Program Komunikasi

Pengajar: Mareta Maulidiyanti, S.Sos., M.M.

SKS: 2

Prodi: Hubungan Masyarakat

Mata kuliah ini mempraktikkan teori, teknis, dan urutan pembuatan proposal perencanaan untuk program komunikasi dan kehumasan.

Produksi Non Berita di Radio

Pengajar: Peny M. Hutabarat

SKS: 2

Prodi: Penyiaran Multimedia

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu menggunakan berbagai medium komunikasi sesuai dengan perkembangan teknologi mutakhir, kaidah-kaidah ilmu pengetahuan, hukum, etika, dan filosofi yang mendasarinya

Statistika Asuransi

Pengajar: Fia Fridayanti Adam

SKS: 2

Prodi: Administrasi Asuransi dan Aktuaria

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat menerapkan metode ilmiah guna pengambilan kesimpulan atas suatu penelitian. Mata kuliah ini membahas tentang statistika deskriptif, hingga pengujian hipotesis. Bahan kajian selain dari buku text book adalah buku-buku best practices dan lainnya.Bahasa pengantar yang digunakan dalam pembelajaran adalah Bahasa Indonesia.

Strategi Media

Pengajar: Naldo, M.Si.

SKS: 2

Prodi: Periklanan Kreatif

Mata kuliah ini memperkenalkan tipe-tipe media yang digunakan dalam periklanan, baik media digital maupun tradisional, beserta ciri, kelebihan, dan kekurangannya. Juga bagaimana cara menyampaikan pesan iklan melalui media tersebut.

MOOCs Non-kredit

Pendaftaran di buka mulai 24 Oktober 2022 hingga 5 November 2022

Digitalisasi Arsip

Pengajar: Wiwiet Mardiati

SKS: 2

Prodi: Manajemen Rekod dan Arsip

Fisioterapi Kardiorespirasi

Pengajar: Riza Pahlawi, M.Kes.

SKS: 2

Prodi: Fisioterapi

Mata kuliah ini adalah kardiovaskuler dan respirasi untuk fisioterapi yang akan mencakup kelainan vaskular umum pada jantung dan paru-paru dengan manajemen fisioterapi yang sesuai prosedur dalam praktek fisioterapi. Mahasiswa juga akan berlatih dengan modalitas fisioterapi di laboratorium dan akan mendapatkan pengalaman klinis dan interaksi dengan klien di rumah sakit. Mata kuliah juga akan fokus pada evaluasi dan pengobatan klien dengan disfungsi kardiopulmonari akut dan penyakit kronis. Penekanan juga akan ditempatkan pada fungsi jantung, peredaran darah dan fungsi paru. Selain itu, tujuan dari program ini adalah untuk membiasakan mahasiswa dengan pengetahuan dasar anatomi, fisiologi, penyakit umum / kondisi yang melibatkan sistem jantung dan paru-paru, serta berbagai jenis intervensinya pada klien. Akhirnya mata kuliah memberikan penekanan pada peran fisioterapi yang sesuai dalam pemeriksaan, intervensi, prognosis, dan evaluasi serta hasil untuk klien dengan masalah atau penyakit kardiovaskuler dan respirasi

Komunikasi Teurapeutik

Pengajar: Mita Noviana, M.Kes

SKS: 2

Prodi: Fisioterapi

Mata kuliah ini mempelajari tentang prinsip-prinsip komunikasi terapeutik beserta aplikasinya dalam konteks pelayanan kesehatan secara umum dan secara khusus dalam memberikan pelayanan Fisioterapi yang diperuntukkan bagi individu, kelompok, keluarga dan masyarakat untuk berbagai tatanan baik praktik klinis maupun komunitas.

Okupasi Terapi Bersumber Daya Masyarakat

Pengajar: Hermito Gidion, A.Md.OT., S.Psi., M.Psi.T.

SKS: 2

Prodi: Terapi Okupasi

Memberikan pemahaman mengenai teori dan konsep mengenai pelayanan OT yang berbasiskan masyarakat dengan menggunakan sumberdaya yang ada di masyarakat.

Pengantar Ilmu Ekonomi

Pengajar: Risca Fleureta Hudiyono S.E., M.S.M.

SKS: 2

Prodi: Administrasi Perkantoran

Melalui mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dasar ilmu Mikroekonomi dan Makroekonomi dan penerapannya dalam bisnis. Adapun Capaian Pembelajaran (Learning Outcome) dari mata kuliah ini adalah: Mahasiswa mampu menganalisis prospek usaha (C4) dan memberikan saran pengembangan usaha (terutama UMKM) (C4) berdasarkan teori ekonomi mikro, indikator makroekonomi, dan prospek perekonomian Indonesia, serta mampu merespon aktif atas pengetahuan yang baru didapatkan (A2)

Pengantar Produksi Media

Pengajar: Ngurah Rangga Wiwesa, M.I.Kom.

SKS: 2

Prodi: Produksi Media

Mata kuliah ini mengenalkan pada segala aspek media di era digital, mulai dari media konvensional hingga online. Mulai dari sejarah perkembangan media, isu dalam media, industri media, dll. Perkuliahan berlangsung dengan metode Problem Based Learning, Collaborative Learning, dan Case Study. Setelah mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu menerangkan perkembangan produksi media.

Perencanaan Operasi Perjalanan Wisata

Pengajar: Army Tunggu Hariwanto,SE., M.Par

SKS: 2

Prodi: Pariwisata

Mahasiswa dapat menjelaskan tentang dasar-dasar perencanaan paket wisata domestik.