Depok-Program studi (prodi) Produksi Media, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) baru saja melangsungkan company visit ke Vidio.com pada Selasa (13/12/2022). Didampingi oleh Ketua Program Studi Produksi Media, Ngurah Rangga Wiwesa, M.I.Kom., CICS, MIPR, kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka kegiatan Content Lab (COLAB) yang merupakan kegiatan rutin prodi Produksi Media.

Bersama Alif Ibrahim, Executive Producer untuk original series Vidio, dan Aris Dianto, Manager Live Streaming Operation Vidio, mahasiswa prodi Produksi Media berkesempatan mengenal Vidio, peran Originals di Indonesia, Live Streaming, serta office tour. “Konten yang kami miliki dibagi menjadi konten sports, live tv, dan original series. Pembagian ini dilakukan karena adanya konten-konten yang diprioritaskan sesuai dengan data atau tingginya permintaan dari pengguna,” ungkap Alif.

(Foto: Aris menjelaskan tentang Vidio kepada mahasiswa prodi Produksi Media)

Bagian sports merupakan salah satu konten yang menjadi daya tarik pengguna, terutama di tahun ini karena menayangkan FIFA World Cup. Kemudian, bagian original series berbentuk sinema pendek yang diolah dengan kualitas yang baik dari segi development, pre-production, production, dan post-production. Lalu, live tv dalam bentuk siaran langsung yang memiliki karakteristik tersendiri, karena tidak terbatas ruang dan waktu, bahkan dapat ditonton ulang.

Rangga mengatakan bahwa company visit tersebut tak hanya membuka kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki ketertarikan dalam dunia digital, tetapi juga membuka cakrawala pengetahuan para mahasiswa tentang dunia digital, khususnya pada platform live stream dan konten OTT.

(Foto: Rangga memberikan sambutan saat kunjungan ke Vidio)

Company visit dilanjutkan dengan office tour Vidio. Pada sesi office tour tersebut, mahasiswa diajak berkeliling dan melihat cara kerja di Vidio dari berbagai divisi seperti marketing, live streaming, ruang untuk brainstorming konten, serta proses monitoring delay streaming. “Pengenalan media-media baru dan cara kerjanya tersebut kami tujukan kepada mahasiswa prodi Produksi Media agar mereka mendapat bekal sebelum terjun ke industri,” tutup Rangga.