Depok-Mahasiswa program studi Produksi Media, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), melakukan company visit ke Harper’s Bazaar Indonesia, sebuah media yang menyajikan berbagai informasi mengenai fesyen dan gaya hidup dalam bentuk majalah, baik cetak maupun digital. Harper’s Bazaar berada di bawah naungan perusahaan Mugi Rekso Abadi (MRA), sebuah perusahaan induk Indonesia yang memiliki berbagai unit usaha di bidang penerbitan majalah, merek ritel, hotel dan restoran, stasiun radio, serta perusahaan otomotif. MRA memiliki enam perusahaan turunan, yaitu media cetak, media penyiaran, ritel & gaya hidup, makanan & minuman, otomotif, serta hotel & properti.

Berlokasi di Wisma MRA, Cilandak, Jakarta Selatan, mahasiswa Produksi Media diajak untuk mempelajari produksi majalah Harper’s Bazaar. Kunjungan industri yang dilaksanakan pada Selasa (16/01/2024) tersebut selaras dan relevan dengan mata kuliah yang dipelajari di Produksi Media, yaitu fashion dan lifestyle media. Tak hanya Harper’s Bazaar Indonesia, MRA Media juga memproduksi majalah lain yang mengusung tema fesyen dan gaya hidup yaitu Herworld Magazine, Mother and Baby Magazine, CASA, dan Parent Talk.

(Foto: Suasana company visit ke Harper’s Bazaar Indonesia)

Hal tersebut disampaikan oleh Ria Lirungan, Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia. Ria menjelaskan bahwa editorial team dianggap sebagai ‘chef’ dalam sebuah perusahaan media. “Editor team dapat mengarahkan perusahaan sesuai dengan rencana agar konten yang diproduksi sesuai dengan audiens.”

Ia juga menjelaskan berbagai pekerjaan yang dilakukan editorial team dan public relations team. Pekerjaan public relations team tidak hanya terbatas pada kolaborasi melalui berbagai event, melakinkan juga menjalin hubungan yang baik dengan merek, pemerintah, departemen terkait, serta artis maupun influencer.

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa Produksi Media juga berkesempatan mengunjungi berbagai tempat di Harper’s Bazaaar Indonesia. Mulai dari ruang produksi photoshoot, ruang kerja editorial team, hingga ruang penyimpanan peralatan produksi.

(Foto: Mahasiswa Produksi Media berkesempatan melakukan office tour di Harper’s Bazaar Indonesia)

Ketua Program Studi Produksi Media, Ngurah Rangga Wiwesa, M.I.Kom., mengatakan bahwa kegiatan study visit kali ini akan memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa untuk melihat dunia kerja sebuah perusahaan yang memiliki skala internasional. “Saya berharap agar kunjungan ini bermanfaat dan menjadi bekal bagi mereka untuk mempelajari proses produksi media, terutama di bidang fashion dan lifestyle media lebih dalam dari industrinya secara langsung,” ungkap Rangga.

author avatar
Humas Program Pendidikan Vokasi UI
WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!