DEPOK – Bertempat di Auditorium Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI), Program Studi Vokasi Komunikasi UI bersama PT MRT Jakarta menggelar Diskusi Publik MRT Jakarta dan Peradaban dalam Bertransportasi pada 16 November 2018 . Diskusi ini menekankan pada etika dan manners/adab dalam menggunakan transportasi umum khususnya MRT Jakarta. Hadir sebagai narasumber adalah Bapak Tubagus Hikmatullah -Corporate Secretary MRT Jakarta, dan Ir. R. Jachrizal Sumabrata, M.Sc., Ph.D – Pakar Transportasi UI dan Rafli Zulkarnaen -Influencer Jakarta.
Jachrizal mengatakan bahwa dalam penelitian yang dilakukan ada beberapa alasan orang dalam memilih angkutan yaitu karena praktis, hemat waktu dan penghematan biaya. Jachrizal menambahkan bahwa terdapat 7 harapan masyarakat terhadap transportasi Jakarta sebagai kota modern yaitu :
1. Membawa kemana saja
2. Membawa kapan saja
3. Memberikan efisien waktu
4. Biaya lebih murah
5. Menghargai penumpang
6. Dapat dipercaya (tepat waktu)
7. Flexible
“Mimpi kami adalah jika orang masuk ke stasiun MRT, dia sudah memiliki perilaku yang berbeda.” Ujar Tubagus Hikmatullah, Corporate Secretary PT MRT Jakarta. Hikmat menambahkan bahwa perusahaannya mengkampanyekan #ubahjakarta dengan menekankan pada BMW (BRT, MRT, Walk)+ Manners. BRT adalah Buss Rapid Transit (BRT), MRT (Mass Rapid Transit), Berjalan dan perilaku yang baik dalam bertransportasi (Manners). Hikmat menegaskan bahwa tujuan MRT adalah mendorong masysarakat berpindah dari transportasi pribadi ke transportasi publik (willingness to shift)


Pada diskusi yang dihadiri oleh mahasiswa UI maupun kampus sekitar serta para forum diskusi transportasi ini juga disampaikan bahwa peran dari komunikasi terletak pada bagaimana publik di edukasi untuk menggunakan MRT Jakarta dengan perilaku yang baik. “Jadi, diskusi ini diharapkan dapat mengkomunikasikan dan mengedukasi mahasiswa untuk menggunaaan MRT dan berperilaku baik sealama menggunakan transportasi ini” ujar Devie Rahmawati, Ketua Program Studi Vokasi Komunikasi UI. Bidangkomunikasi memegang peran besar dalam mengkomunikasikan MRT agar dapat diterima dan mendorong mahasiswa serta masyarakat untuk mau menggunakan MRT


Devie juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan hasil kerjasama PT MRT Jakarta dan Program Pendidikan Vokasi UI khususnya Program Studi Komunikasi. Kerjasama juga mencakup dalam bidang magang. “Untuk mempersiapkan tenaga kerja yang siap diserap oleh Industri, pada semester 4 & 5, mahasiswa secara penuh menempuh studi dan praktik langsung di industri. Para pengajar di industri yang kami sebut sebagai instruktur ini, selama dua semester akan memberikan pelatihan, pengawasan dan penilaian (3P) terhadap sejumlah mata kuliah yang diambil oleh para mahasiswa di dua semester tersebut,” ujar Devie


Dio Ade Gemilang, Mahasiswa Vokasi UI mengatakan bahwa dirinya sangat tertarik untuk menggunakan MRT dan antusias dalam mempelajari edukasi maupun promosi yang dilakukan MRT. “Saya lihat MRT sangat aktif menggunakan berbagai channel marketing untuk mensosialisasikan hadirnya MRT Jakarta. Saya follow social media mereka, dan kontennya sangat menarik serta menggugah kita untuk menggunakan MRT kelak” ujar Dio diakhir acara

author avatar
Humas Program Pendidikan Vokasi UI
WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!