Layanan Vokasi

Dalam mencapai kualitas pelayanan publik yang baik, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia turut melakukan berbagai inovasi dengan mengadaptasi teknologi informasi di dalamnya. Berikut merupakan berbagai layanan yang disediakan Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia yang dapat diakses secara daring.

Aplikasi Pengaduan, Pelaporan, dan Aspirasi Zona Integritas (APPAZI)

Aplikasi Pengaduan, Pelaporan, dan Aspirasi Zona Integritas (APPAZI) merupakan sebuah sistem terintegrasi berupa formulir elektronik yang digunakan terkait pengaduan, pelaporan, dan aspirasi terhadap layanan yang diberikan Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia. Tujuan dari adanya aplikasi tersebut adalah terwujudnya wadah bagi masyarakat untuk memberikan pengaduan, masukan, serta aspirasi demi pengembangan Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, khususnya kualitas pelayanan publik, agar menjadi lebih baik.

Untuk mengakses layanan tersebut, silakan klik pada tautan ini.

Layanan tersebut juga terintegrasi dengan Sentra Informasi & Pelayanan Publik (SIPP) UI yang dapat diakses secara daring melalui tautan berikut.

Sistem Informasi Kegiatan Mahasiswa (SIGMA)

Sistem Informasi Kegiatan Mahasiswa (SIGMA) merupakan sebuah sistem yang dikembangkan oleh Unit Kemahasiswaan dalam membantu berbagai proses terkait kegiatan mahasiswa. Adapun layanan yang diberikan berupa permohonan surat izin kegiatan, permohonan dana terkait kegiatan mahasiswa, serta permohonan surat dukungan dari fakultas untuk kegiatan mahasiswa. Selain itu, terdapat ruang aspirasi dari mahasiswa sebagai bentuk masukan dan pengembangan bagi Unit Kemahasiswaan dalam memberikan layanan kepada mahasiswa.

Untuk mengakses layanan tersebut, silakan klik pada tautan ini.

Layanan Penerbitan Piagam Sertifikat Penghargaan

Layanan Penerbitan Piagam Sertifikat Penghargaan merupakan sebuah layanan yang disediakan Unit Humas kepada sivitas akademika Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia yang membutuhkan penerbitan sertifikat. Layanan tersebut diberikan untuk mempermudah permintaan penerbitan sertifikat yang ditandatangani Direktur dan/atau Wakil Direktur Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia.

Untuk mengakses layanan tersebut, silakan klik pada tautan ini.

Sistem Analisis Kerja Tahunan Vokasi-UI (SAKTI)

Sistem Analisis Kerja Tahunan Vokasi-UI (SAKTI) merupakan sebuah sistem yang dikembangkan oleh Unit Pusat Data dan Informasi, khususnya untuk pelaporan, monitoring, dan evaluasi terkait kebutuhan capaian kinerja tahunan Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia. Sistem tersebut ditujukan untuk mempermudah Unit Pusat Data dan Informasi dalam mengumpulkan data terkait capaian kinerja Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia per tiga bulan (triwulan). Beberapa unit terkait yang terlibat dalam pengumpulan data tersebut meliputi, Unit Pusat Data dan Informasi; Unit Sarana dan Prasarana; Unit Keuangan; Unit Pendidikan; Unit Kemahasiswaan; Unit Sumber Daya Manusia; Unit Riset dan Pengabdian Masyarakat; Unit Humas dan Kerjasama; Unit Penjaminan Mutu Akademik (UPMA); Vcoop; Lembaga Vokasi Universitas Indonesia; Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Indonesia; dan Vocation Wellness Center. Selain itu, capaian kinerja lainnya turut melibatkan semua departemen dan program studi di Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia.

Untuk mengakses layanan tersebut, silakan klik pada tautan ini.

MOOCS

UI MOOCs (Massive Online Open Courses) merupakan program yang memberikan akses kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti mata kuliah dari ahli terkemuka di Universitas Indonesia.

MOOCs dapat diikuti dari mana saja karena bersifat daring. MOOCs telah mengembangkan batas-batas pendidikan sehingga terjangkau oleh siapa saja.
Dalam proses pembelajaran berbasis MOOCs, salah satu keunggulannya adalah waktu yang fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan peserta. Mata kuliah-mata kuliah yang dilakukan berbasis MOOCs dirancang sesuai dengan kebutuhan industri dan sesuai dengan standar kompetensi yang ada

MOOCs Program Pendidikan Vokasi UI berfokus pada ilmu terapan sehingga peserta secara materinya langsung dapat diterapkan di industri.

Link MOOCS Vokasi UI

Solusi Vokasi (SOLVI)

Solusi Vokasi (SOLVI) merupakan sebuah sistem pengajuan dan pelacakan penyelesaian masalah kegiatan operasional di lingkungam Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia berbasis tiket (ticketing support system). Sistem tersebut dikelola oleh masing-masing unit yang memberikan pelayanan bagi sivitas akademika Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia. Tujuan dibuatnya sistem tersebut adalah agar masalah yang ditemukan dapat diselesaikan dengan mudah berdasarkan laporan yang masuk ke masing-masing unit. Adapun beberapa unit yang mengelola dan menerima laporan di sistem tersebut adalah akademik, SDM, sarana dan prasarana, IT, keamanan, kemahasiswaan, alumni, dan lainnya (di luar unit yang tersedia pada sistem tersebut).

Untuk mengakses layanan tersebut, silakan klik pada tautan ini.

Sistem Penilaian Magang dan TKA Vokasi (SIMANTAV)

Sistem Penilaian Magang dan TKA Vokasi (SIMANTAV) merupakan sebuah sistem yang dikembangkan oleh Unit Pendidikan dalam membantu proses penilaian magang dan Tugas Karya Akhir (TKA) mahasiswa Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia. Sistem tersebut digunakan untuk membantu staf dari Unit Pendidikan dan program studi dalam melakukan sidang TKA mahasiswa Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia dari mulai persiapan hingga pascasidang dilakukan.

Untuk mengakses layanan tersebut, silakan klik pada tautan ini.

Layanan Google Drive Tri Dharma Dosen Vokasi UI

Layanan Google Drive Tri Dharma Dosen Vokasi UI merupakan sebuah layanan yang disediakan Unit Sumber Daya Manusia untuk mengelola data yang dibutuhkan dosen Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia terkait kegiatan tridarma. Layanan tersebut diharapkan dapat mempermudah proses pengumpulan data berupa kegiatan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, beban kerja dosen (BKD), sasaran kinerja pegawai (SKP), insentif penelitian, insentif pengajaran (FTE), serta pengajuan kenaikan jabatan fungsional. Layanan tersebut bersifat internal, sehingga aksesibilitasnya terbatas untuk SDM dan masing-masing dosen.

Layanan Bantuan IT

Layanan Bantuan IT merupakan salah satu layanan yang khusus dimiliki oleh Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia berupa layanan helpdesk untuk permohonan bantuan permasalahan IT di lingkungan Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia. Bantuan IT ini mencakup layanan jaringan, fungsional perangkat komputer, aplikasi perangkat lunak, dan lain-lain.

Untuk mengakses layanan tersebut, silakan klik pada tautan ini.

Vokasi Wellness Center

Contact Us

(62-21) 290-27481

Gedung VA, Program Pendidikan Vokasi UI, Kampus UI Depok, Kukusan, Beji, Depok 16426

Monday-Friday: 8am – 4pm

Write to us

.

WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!