Depok-Dalam lingkup digital yang semakin berkembang pesat saat ini, populasi gen z memainkan peran penting dalam membentuk komunikasi dan konsumsi media. Berdasarkan data riset IDN Research Institute (IDN Media) yang bekerja sama dengan Populix dalam laporan bertajuk “Indonesia Gen Z Report 2022”, menyatakan bahwa mayoritas gen z mengakses media sosial lebih dari tiga jam dalam sehari. Hal tersebut menunjukkan bahwa pola konsumsi media bagi gen z tersebut terbilang tinggi. Guna menerima insight terkait pemanfaatan media sosial yang baik, mahasiswa Produksi Media, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), melakukan company visit ke PT Telkom Indonesia pada Jumat (08/12/2023).

Kunjungan tersebut dibuka dengan pemaparan dari Gapit Banuadi, GM PM Policy and Strategic Alignment PT Telkom Indonesia. Ia menjelaskan mengenai kesempatan dan peluang bekerja di industri media dan kreatif yang memerlukan keahlian penting, yaitu Learn, Excel, Act, and Drive (LEAD). Menurutnya, LEAD membawa individu kepada cara beradaptasi, berpikir kritis, berkolaborasi, peningkatan kualitas berjejaring, serta implementasinya kepada masyarakat, khususnya gen z.

(Foto: Pemaparan materi oleh Gapit Banuadi, GM PM Policy and Strategic Alignment PT Telkom Indonesia)

Selanjutnya, mahasiswa juga dikenalkan dengan cara pembuatan kapanye sebuah brand. Kampanye tersebut dilakukan mulai dari penentuan objektif, pengenalan audiens, mendefinisikan key message, menentukan media yang sesuai dengan brand, hingga evaluasi akhir. Hal tersebut disampaikan Arby Yasin, Officer Corporate Brand and Communications PT Telkom Indonesia.

Tak kalah penting, Reinhard Giofan, by.U Marketing Lead, membicarakan tentang pemasaran melalui iklan. Ia berpendapat bahwa hal terpenting dalam iklan adalah menentukan audiens yang dituju, serta didukung dengan pembuat iklan, informasi yang diangkat, serta media yang akan digunakan. Dari berbagai elemen tersebut, maka akan diketahui tujuan pembuatan iklan dan menumbuhkan brand awareness terhadap audiens yang dituju.

(Foto: Mahasiswa Vokasi UI mendapatkan cendera mata dari PT Telkom Indonesia)

Kunjungan yang didampingi salah satu dosen Produksi Media, Margareta Manalu, M.Si., tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran diri mahasiswa akan pentingnya pemanfaatan media digital dalam sebuah perusahaan. Ketua Program Studi Produksi Media, Ngurah Rangga Wiwesa, M.I.Kom., menyatakan bahwa kunjungan ini akan bermanfaat bagi mahasiswa saat terjun ke dunia industri nantinya. Ia menuturkan, “Sebagai insan yang akan bergelut di dunia industri kreatif, mahasiswa Produksi Media perlu memiliki kemampuan dalam memanfaatkan media digital dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan.”

author avatar
Humas Program Pendidikan Vokasi UI
WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!