Depok-Barijani Mahesa Putra, mahasiswa program studi (prodi) Hubungan Masyarakat, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) tampil memukau pada kejuaraan sepatu roda Piala Bupati Bantul Cup II 2022. Ia berhasil memborong tiga medali, yaitu dua medali emas untuk kategori 500m+ D Senior Putra dan kategori 1000m Senior Putra, serta satu medali perak untuk kategori Rellay 3 km Senior Putra.

Mahesa menyampaikan rasa syukur atas kemenangan yang diraih. Menurutnya, kemenangan kali ini akan terus memotivasinya untuk kembali bertanding pada kejuaraan-kejuaraan lainnya. Ia merupakan atlet sepatu roda perwakilan dari klub Monastana, DKI Jakarta. Pada kejuaran tersebut, klub Monastana keluar sebagai juara umum dengan total meraih 20 medali emas, 14 perak, dan 9 perunggu.

Kejuaraan kali ini, menurut Mahesa, cukup menantang dibandingkan kejuaraan lainnya. Hal tersebut disebabkan karena Mahesa harus membagi waktunya untuk latihan yang juga bersamaan dengan aktivitas magang atau studi kerjanya di DPRD DKI Jakarta sebagai bagian dari program perkuliahan. “Saat ini, saya berada di semester lima dan mengikuti program magang sebagai Tim Komunikasi Politik di salah satu fraksi partai politik. Magang ini merupakan bagian dari perkuliahan yang diwajibkan bagi seluruh mahasiswa Vokasi UI,” ungkap Mahesa.

(Foto: Barijani Mahesa Putra, mahasiswa prodi Humas Vokasi UI)

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D, turut memberikan selamat atas prestasi yang diraih Mahesa. “Berperan sebagai atlet sekaligus mahasiswa bukan suatu hal yang mudah. Mahesa membuktikan bahwa meskipun dirinya sibuk mengikuti berbagai kejuaraan, ia tidak melupakan kewajibannya sebagai mahasiswa. Maka dari itu, saya sangat bangga dengan apa yang dilakukan Mahesa,” ujarnya.

Perjalanan Mahesa sebagai atlet sepatu roda tidak terlepas dari dukungan orang tua, teman, serta Universitas Indonesia. Mahesa menambahkan, “Saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas dukungan dari orang-orang terdekat. Sebagai seorang atlet, sudah menjadi kewajiban saya untuk berusaha serta kerja keras dalam setiap pertandingan yang saya ikuti. Berhasil membawa pulang medali, menjadi penghargaan dan kebanggaan tersendiri bagi saya. Semoga apa yang saya raih ini dapat menjadi manfaat bagi banyak orang dan memberikan inspirasi bagi sesama mahasiswa.”

Kompetisi yang dilaksanakan di Yogyakarta, 14-16 Oktober 2022 diikuti oleh hampir 850 peserta. Mahesa membagikan pengalaman mengikuti kejuaraan tersebut sembari membagi waktu dengan kuliah magangnya. “Persiapan dalam mengikuti kejuaraan kali ini, saya melakukan latihan setiap hari setelah melaksanakan magang di DPRD DKI Jakarta. Saya harus bisa mengatur waktu, mengingat kegiatan magang terkadang waktunya lebih fleksibel jika sedang ada kegiatan sehingga, saya harus berlatih ekstra di hari selanjutnya,” ujar mahasiswa prodi Hubungan Masyarakat semester 5, Program Pendidikan Vokasi UI.

(Foto: Penampilan Mahesa saat berhasil melaju di garis finis)

Sederet prestasi telah diukir Mahesa dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Tercatat, ia berhasil memboyong 5 (lima) medali — 2 (dua) medali emas, 2 (dua) medali perak, dan 1 (satu) medali perunggu– dari lima nomor pertandingan cabang sepatu roda pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Kota Jayapura, Papua. Ia berhasil memadukan prestasi dari luar kampus dan dari dunia akademik, dengan menyabet gelar Mahasiswa Berprestasi UI 2022 Tingkat Program Vokasi.

Mahesa akan kembali berkompetisi di kejuaraan Piala Ibu Negara (13 – 15 Desember 2022) dan Jakarta Open 2022 (16 – 18 Desember 2022) sebagai pertandingan penutup akhir tahun. Vokasi UI memberikan dukungan kepada para atlet/mahasiswanya dalam mengikuti berbagai kejuaraan. Vokasi UI melakukan pemetaan potensi skill mahasiswa, mendorong, dan memberi kesempatan setiap mahasiswa yang berpotensi untuk mengikuti kompetisi. Pasca berprestasi, Vokasi UI memberikan apresiasi berupa insentif kepada mahasiswa yang berprestasi sebagai bentuk pengakuan dan kebanggaan atas capaian yang telah diraih.