Depok-Perkembangan digitalisasi yang semakin pesat dapat dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan, termasuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Digitalisasi turut menjadi sumber daya bagi pendidikan untuk terus berinovasi dan berupaya dalam pengembangan kurikulum. Merespons tantangan tersebut, Program Studi (Prodi) Produksi Media, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI), melalui program CONTENT LAB PROMED (COLAB), melakukan kunjungan studi ke Google Indonesia pada Jumat (17/6/2022). Turut hadir mendampingi mahasiswa, Ketua Program Studi Produksi Media, N. Rangga Wiwesa, M.I.Kom., CICS, MIPR, dan Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi UI (LSP UI) sekaligus dosen prodi Produksi Media, Dr. Rahmi Setiawati, S.Sos., M.Si. Selain memberikan pengalaman langsung mengenai cara kerja di industri kepada para mahasiswa, kunjungan tersebut juga dilakukan dalam rangka menjajaki kolaborasi antara Vokasi UI dengan Google Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Achmad Istamar, Country Head-Indonesia Google Customer Solutions, hadir memberikan penjelasan mengenai industri Google di Indonesia. Ia juga menyepakati bentuk kolaborasi yang akan dilakukan berupa pengembangan kurikulum bersama tersebut.

(Foto: Achmad dan Rangga mendiskusikan kegiatan kolaborasi yang akan dilakukan Vokasi UI dengan Google Indonesia)

Produksi Media Vokasi UI merupakan program studi jenjang sarjana terapan yang memiliki fokus dalam pengembangan media-media baru. Google Indonesia menjadi salah satu mitra industri yang akan bersinergi bersama Produksi Media Vokasi UI. Langkah yang akan dilakukan adalah rencana kolaborasi seperti pengembangan dan pengelolaan kurikulum mata kuliah Publikasi Digital dan Monetisasi Konten Media yang akan dibuka di semester gasal.

Di samping itu, Dr. Achmad Istamar juga akan didapuk menjadi dosen pengampu untuk mata kuliah Publikasi Digital dan Monetisasi Konten Media di prodi Produksi Media. Dengan adanya praktisi yang hadir menjadi pengajar, diharapkan pengalaman dan materi yang diberikan kepada mahasiswa dapat relevan dengan industri di bidang terkait saat ini.

(Foto: Para mahasiswa prodi Produksi Media yang ikut turut hadir dalam penjajakan kolaborasi tersebut)

“Dalam memproduksi konten di media digital diperlukan creative content creator yang tersertifikasi. Kompetensi tersebut diperlukan dalam menghadapi industri ekonomi kreatif seiring dengan meningkatnya permintaan SDM di media digital,” ujar Achmad menjelaskan.

Selaras dengan kebutuhan tersebut, Rangga juga berharap penjajakan kolaborasi ini dapat segera dilakukan dan meluas ke cakupan lainnya. Sehingga, kurikulum vokasional yang diterapkan di Vokasi UI dapat diimplementasikan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan industri.

(Foto: Achmad bersama para mahasiswa prodi Produksi Media)

“COLAB sebagai salah satu program unggulan dan ciri khas prodi Produksi Media Vokasi UI, menjadi salah satu wujud fokus prodi sarjana terapan dalam mengelaborasikan teori dan praktik. Rencana kolaborasi dengan Google Indonesia diharapkan akan terus berlanjut untuk mengembangkan kurikulum. Mahasiswa sebagai salah satu objektif prodi akan mendapatkan manfaat dari hasil kolaborasi antara prodi Produksi Media dengan Google Indonesia sehingga dapat menjadi acuan untuk penerapan untuk ilmu pengetahuan dan masyarakat,” terang Rangga.

Setelah Google Indonesia, prodi Produksi Media akan melakukan kunjungan studi ke beberapa mitra industri lainnya. Hal ini dapat membantu pengembangan dan relevansi kurikulum dengan kebutuhan industri, menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa, serta membuka kesempatan luas berkolaborasi dengan industri lainnya.