Depok-Ikatan Wanita Keluarga (IWK) Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan kegiatan seminar kesehatan mental bertajuk “Sembuhkan Luka, Sehatkan Jiwa, Jadi Wanita Bahagia” secara luring pada Jumat (05/08/2022) lalu. Kegiatan tersebut dihadiri Dian Kurniati, S.Psi., Psikolog., CHt., CI sebagai narasumber.

(Foto: Dian menjelaskan pentingnya kesehatan mental bagi diri)

Dian menjelaskan bahwa kesehatan mental sangat perlu diperhatikan, khususnya pada masa pandemi Covid-19, yang menyebabkan terjadinya ketakutan dan kegelisahan terhadap masyarakat. “Beberapa ciri orang dengan kesehatan mental yang terganggu antara lain, mengalami gangguan tidur, perubahan suasana hati yang ekstrem dan tanpa sebab serta dramatis, dan lainnya,” ungkap Dian.

Untuk menjaga kesehatan mental, setiap orang dapat melakukan berbagai macam aktivitas yang memberikan perasaan bahagia pada diri mereka. Dian menambahkan, “Kita perlu tetap produktif, menjalani gaya hidup sehat, fokus pada hal yang dilakukan, berhubungan baik dengan orang lain, serta merasa bahwa kita dapat meminta bantuan pada orang lain jika mengalami kesulitan.”

(Foto: Dian memberikan hipnoterapi kepada peserta seminar)

Pada kesempatan yang sama, para peserta seminar juga melakukan beberapa praktik, seperti memindahkan energi dari orang lain dan hipnoterapi. Hipnoterapi dilakukan dengan cara mengeksplorasi pikiran, perasaan, atau ingatan menyakitkan yang dialami, tetapi tersembunyi di dalam alam bawah sadar.

Ketua IWK Vokasi UI, Dewi Anggraini, menyampaikan bahwa kegiatan seminar tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman dan mengedukasi anggota IWK Vokasi UI mengenai pentingnya kesehatan mental. “Saya berharap agar para anggota IWK Vokasi UI dapat terus menjaga kesehatan mental, khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini,” ungkap Dewi.

(Foto: Dewi Anggraini memberikan sambutan dalam seminar)

Ke depan, IWK Vokasi UI akan menyelenggarakan kegiatan serupa dengan memberikan manfaat ke masyarakat yang lebih luas, tidak hanya bagi anggota IWK Vokasi UI.