Memasuki masa Pembasatan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi untuk wilayah Jabodetabek, Program Penddikan Vokasi Universitas Indonesia berupaya maksimal untuk mempersiapkan lingkungan kampus untuk menghadapi Tatanan Kehidupan yang Baru atau lebih sering disebut, “The New Normal”. Berbagai aspek diatur dan disusun dalam Surat Edaran Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Nomor: SE-2/UN2.F14.DV/OTL.09/2020 tentang Sistem Kerja Tenaga Pendidikan dan Kependidikan Penerapan Tatanan Normal Baru di Lingkungan Program Pendidikan Vokasi UI seperti jam kerja dosen dan tenaga kependidikan, pelayanan administrasi hingga mekanisme perkuliahan.
Pada masa PSBB transisi, Vokasi UI menyiapkan infrastruktur untuk mendukung pelaksanaan protokol pencegahan Covid-19. Infrastruktur yang disesuaikan antara lain:
- Pemeriksaan suhu tubuh oleh satpam di pintu masuk Vokasi
Seluruh pengunjung Vokasi UI baik itu Dosen, Karyawan, Mahasiswa ataupun tamu akan melalui protokol ketat sejak di pintu masuk. Di pintu masuk, setiap orang akan diperiksa suhu tubuhnya dan diberi stiker hijau sebagai tanda bahwa diizinkan masuk. Para petugas dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) mulai dari masker, face shield dan sarung tangan.
- Pembatasan kapasitas dan pengaturan antrian lift
Penggunaan lift di Vokasi UI dibatasi hanya untuk 4 orang, di mana setiap orang hanya boleh berdiri di kotak putih yang telah disediakan.
Antrian juga diatur dengan marka-marka yang berjarak 1 m antar pengguna.
- Pembatasan jarak pada kursi ruang tunggu dan kelas
Setiap kursi ruang tunggu diberikan tanda untuk mengatur jarak antar orang. Selain itu, ruang kelas dan laboratorium juga hanya akan diisi 50% dari kapasitas ruangan.
- Hand sanitizer di setiap sudut Gedung
Untuk memudahkan dan terus mengingatkan seluruh pengunjung Vokasi UI untuk selalu menjaga kebersihan tangan, maka di setiap sudut gedung disediakan hand sanitizer yang diisi berkala.
- Pembersihan ruang kerja, kelas, dan fasilitas lain secara intensif
Ruang kerja, kelas, lab serta fasilitas lain dibersihkan teratur dengan menggunakan disinfektan. Seluruh furniture disemprot dengan disinfektan termasuk gagang-gagang pintu di mana gagang pintu paling sering diakses oleh banyak orang
Selain dari sisi kebersihan fasilitas dan protokol lingkungan kampus, dilakukan pula penyesuaian pada kegiatan perkuliahan T.A. 2020/2021 yang tercantum dalam butir-butir berikut.
- Semua materi perkuliahan semester gasal 2020/2021 (Semester 1, 3 dan 5) sudah diunggah di EMAS UI dimulai dari pertemuan ke-1 d. ke-16 sebelum periode perkuliahan dimulai agar bisa dipelajari mahasiswa.
- Setiap mata kuliah untuk sesi teori menggunakan tatap muka daring, dan dapat dilakukan dari mana saja dengan ketentuan wajib terjadi proses komunikasi/diskusi dan rekamannya disimpan sebagai bukti kegiatan perkuliahan serta dapat digunakan mahasiswa yang memerlukan.
- Kegiatan praktik oleh Asisten/Instruktur secara tatap muka di laboratorium, studio/kelas atau dapat menggunakan cara daring bilamana memungkinkan. Rekaman daring digunakan sebagai bukti terlaksananya kegiatan praktik.
- Kegiatan Kuliah Umum dan Kuliah Tamu dari para Profesional dapat menggunakan cara daring, lebih efisien dan fleksibilitas waktu. Rekaman kegiatan dapat digunakan sebagai bukti terlaksananya kegiatan praktik.
- Setiap mata kuliah diwajibkan terselenggara Kuliah Tamu pengajar Profesional dari Industri secara daring minimal 1x dan maksimal 4x dalam kurun waktu 1 semester.
- Setiap Program Studi diwajibkan menyelenggarakan Kuliah Umum oleh Profesional Senior dari Dalam atau Luar Negeri secara daring sebanyak 1x dalam 1 semester.
- Kegiatan praktik di luar kampus/industri hanya dapat diijinkan bilamana terjamin protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku.
Adapun layanan administrasi mahasiswa dilakukan melalui komunikasi internet, komunikasi langsung sangat dibatasi dan hanya untuk hal-hal yang sangat penting, serta mengharuskan tatap muka dengan tetap menjaga jarak. Dengan segala upaya ini, diharapkan Civitas Akademika Vokasi UI dapat bekerja dan belajar dengan aman dan sehat.