Depok-Setelah sempat tertunda pelaksanaannya karena pandemi, tahun ini Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia akan menggelar konferensi “The 5th International Conference on Vocational Education Applied Science and Technology (ICVEAST)” pada 26-28 Oktober 2022 mendatang secara hybrid. Forum internasional ini sebagai wadah bagi peneliti, akademisi, dan praktisi. Tema yang diusung pada konferensi kelima kali ini adalah “Attaining Sustainable Development Goals through Innovative Technological Research in Vocational Higher Education”.

Konferensi yang sebelumnya dikenal dengan nama International Conference on Vocation for Higher Education (ICVHE), akan berkolaborasi dengan sejumlah akademisi terkemuka di dunia sebagai keynote speaker, yaitu Prof. Benny Tjahjono, Ph.D (Coventry University, Inggris), Prof. Feifei Xu (Southeast University, Cina), Prof. Ts. Dr. Mohamad Sattar Rasul (Universiti Kebangsaan Malaysia, Malaysia), Prof. Peter Bath (University of Sheffield, Inggris), Padang Wicaksono, S.E., Ph.D (Universitas Indonesia, Indonesia), dan Dr. Roos Geritsma (Hogeschool Inholland, The Netherlands). Vokasi UI melakukan rebranding nama konferensi tersebut dengan perubahan fokus pada pendidikan terapan, khususnya pada sains dan teknologi terapan.

Ketua Pelaksana The 5th ICVEAST, Dr. Poeti Nazura Gulfira Akbar, S.T., M.Sc., mengatakan penyelenggaraan konferensi tersebut bertujuan untuk mendapatkan wawasan tentang pendidikan tinggi dan pengembangan keilmuan terapan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk membantu mencapai 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDGs) dan mendukung pemulihan ekonomi global. “Hal tersebut juga sejalan dengan isu sentral G20, khususnya Education Working Group (EdWG) yang berfokus pada pentingnya mempersiapkan lulusan yang adaptif. Peneliti dan pembuat kebijakan di pendidikan tinggi terapan harus mengidentifikasi dampak transformasi digital terhadap pembangunan ekonomi, sosial, dan lingkungan, serta mengeksplorasi pilihan tindakan untuk memastikan bahwa proses transformasi sosial-teknis mendorong pembangunan berkelanjutan dan keadilan sosial,” ujar Poeti menjelaskan.

(Foto: Poster kegiatan 5th ICVEAST 2022)

Tiga sub-topik akan diangkat dalam konferensi kali ini, yaitu Fostering Economic Resilience and Building Future Enterprise through Technological Innovations; Digital Technology to Increase Competitive Advantage and Quality of Product and Services; dan Big Data Utilization and Technology Application in Integrated Health Services to Improve Community Wellbeing. Poeti menambahkan, “Sebagai pendekatan interdisipliner, The 5th ICVEAST akan mengangkat isu-isu dari sub-topik tersebut berdasarkan perspektif ilmu teknis, ekonomi, sosial, dan lingkungan yang secara aktif melibatkan pemangku kepentingan dari lapangan, terutama dari perspektif pendidikan tinggi vokasional sebagai pilar pembangunan nasional.”

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D, mengatakan bahwa konferensi tersebut merupakan suatu upaya yang dilakukan dalam rangka mewujudkan visi dan misi Vokasi UI menjadi world class university. “Kolaborasi yang dilakukan antara para dosen dengan akademisi maupun praktisi internasional dapat terjadi melalui jalinan jejaring pada konferensi tersebut. Saya berharap agar para dosen Vokasi UI bersama dengan akademisi internasional dapat terus berkontribusi mengembangkan penelitian dan inovasi terhadap pendidikan terapan secara global,” ujar Padang.

Program Pendidikan Vokasi UI mengundang peneliti, akademisi, dan praktisi untuk memaparkan dan mempresentasikan karya ilmiah mereka di The 5th ICVEAST 2022. Berikut timeline kegiatan The 5th ICVEAST 2022, Registrasi dimulai 11 Juli – 15 Oktober 2022; Call for Abstract: 11 Juli – 11 September 2022; Notification of Acceptance: 29 September 2022; Full Paper Submission Deadline: 13 Oktober 2022; dan Presentation File Submission Deadline: 20 Oktober 2022. Informasi selengkapnya terkait konferensi tersebut dapat mengunjungi tautan https://icveast.ui.ac.id/.