Depok-Program Studi Akuntansi, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih akreditasi “Unggul” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada, Selasa (24/05/2022). Pencapaian Vokasi UI ini tertulis dalam Surat Keputusan (SK) BAN-PT No. 3139/SK/BAN-PT/AK-ISK/Dipl-III/V/2022.

Sejak 2020, BAN-PT telah mengubah pemeringkatan akreditasi dari A, B, dan C, menjadi Unggul, Baik Sekali, dan Baik. Program studi yang telah memiliki peringkat Akreditasi A dapat melakukan penyetaraan status akreditasi menjadi Unggul dengan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) atau melakukan konversi dari akreditasi Internasional. ISK merupakan instrumen akreditasi tambahan yang digunakan untuk pengambilan keputusan konversi peringkat terakreditasi yang diperoleh dengan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 7 Standar (APT 2.0) menjadi peringkat akreditasi baru sesuai dengan instrumen APT 3.0, yaitu Instrumen Akreditasi 9 Kriteria.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh sivitas akademika yang terlibat dalam pencapaian ini. “Akreditasi ‘Unggul’ yang diraih program studi Akuntansi Vokasi UI dapat memacu kami untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan program studi yang mencapai standar internasional. Di samping itu, pencapaian ini juga dapat menjadi acuan bagi program studi lainnya agar dapat meraih akreditasi yang sama dan dapat mempertahankannya,” ujar Padang.

Ia menambahkan, sebagai penyelenggara program pendidikan vokasional, Vokasi UI terus berupaya untuk memberikan layanan pendidikan terbaik di Asia Tenggara serta akan terus meningkatkan mutu layanan pendidikan agar program studi lainnya dapat ikut mendapatkan akreditasi “Unggul”.

Program Pendidikan Vokasi UI memiliki 15 program studi untuk Ahli Madya pada jenjang Diploma 3 (D3) dan Sarjana Terapan pada jenjang Diploma 4 (D4). Terdapat sembilan program studi untuk jenjang Ahli Madya, yaitu Administrasi Rumah Sakit, Akuntansi, Hubungan Masyarakat, Periklanan Kreatif, Penyiaran Multimedia, Administrasi Asuransi dan Aktuaria, Administrasi Keuangan dan Perbankan, Administrasi Perkantoran, dan Administrasi Perpajakan. Sementara itu, terdapat enam program studi untuk jenjang Sarjana Terapan, yaitu Fisioterapi, Terapi Okupasi, Manajemen Rekod dan Arsip, Bisnis Kreatif, Produksi Media, dan Manajemen Bisnis Pariwisata.

Penjelasan lebih lengkap terkait dengan program studi di Vokasi UI ini dapat diakses pada laman https://vokasi.ui.ac.id. Pendaftaran calon mahasiswa baru dapat dilakukan melalui jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan jalur seleksi ujian tulis SIMAK UI (Informasi: https://penerimaan.ui.ac.id).

X