Depok-Digitalisasi dalam 20 sampai 30 tahun ke depan akan memberikan dampak positif terhadap masyarakat, khususnya di industri media, hiburan, dan konten. Sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki peran dalam menghasilkan anak bangsa yang kompeten di berbagai bidang, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) melalui program studi (prodi) Produksi Media yang telah bekerja sama dengan banyak industri kreatif untuk berkompetisi, berkarya, dan berinovasi di bidang media. Untuk memberikan atmosfir industri kreatif yang sebenarnya, prodi Produksi Media kerap melakukan kunjungan industri, salah satunya ke IDN Media pada Selasa, (02/08/2022) lalu. Tidak hanya prodi Produksi Media, prodi lainnya, seperti prodi Hubungan Masyarakat dan prodi Administrasi Perpajakan turut berpartisipasi dalam kunjungan tersebut.

Tim IDN Times yang mendampingi para mahasiswa dan dosen Vokasi UI menjelaskan berbagai program yang dinaungi oleh IDN Media. Mereka juga menyampaikan bahwa program tersebut meliputi bidang content platform seperti IDN News, IDN Quiz, IDN Live, Yummy, dan Good Game Well Played (GGWP); commercial seperti IDN Creative, ICE, IDN Event, dan IDN Programmatic Out-of-Home; digital media seperti IDN Times, POPBELA, POPMAMA, Duniaku, dan FORTUNE; serta entertainment dengan menjadikan JKT48 sebagai brand ambassador untuk program kategori musik, dan program IDN Pictures untuk program kategori film.

Ketua Program Studi Produksi Media, N. Rangga Wiwesa, M.I.Kom., CICS, MIPR, menyampaikan bahwa IDN Media dapat membantu mahasiswa mengenal berbagai macam jenis media. “Media bukan hanya satu, melainkan sangat luas. Julukan versatile atau serba bisa dalam segala hal sangat dibutuhkan di dunia industri.  Produksi Media bekerja sama dengan beberapa industri untuk pengembangan mata kuliah yang cocok dan mahasiswa dapat langsung melaksanakan studi lapangan,” ungkap Rangga.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Program Studi Hubungan Masyarakat, Mareta Maulidiyanti, S.Sos., M.Si., mengatakan, “IDN Media, yang juga merupakan mitra kerja sama Vokasi UI, menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi para mahasiswa untuk belajar dan melakukan studi kerja maupun magang guna meningkatkan kompetensi mereka secara mendalam.”

Saat kunjungan tersebut, mahasiswa juga diajak untuk mengelilingi ruangan beserta fasilitas yang ada di dalam gedung IDN Media. Gaya menarik ala Milenial dan Gen Z yang tidak hanya terpancar dari desain kantor IDN Media, melainkan juga berbagai konten digital yang kekinian, menjadi salah satu daya tarik untuk menggaet kawula muda menikmati beragam produksi konten.