Depok-Barijani Mahesa Putra, mahasiswa program studi (prodi) Hubungan Masyarakat, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) kembali mendulang prestasi sebagai Favorit Abang Jakarta Barat 2022 pada Malam Final Pemilihan Abang-None Jakarta Barat 2022 di Hotel Aston Kartika Grogol, Jakarta Barat pada Jumat (29/7) lalu. Perhelatan tersebut dilaksanakan setelah seluruh finalis melalui berbagai seleksi ketat. Tahun ini, Pemilihan Abang-None Jakarta Barat diikuti sebanyak 250 peserta dan terpilih 15 pasangan yang bersaing sampai tahap final.

(Foto: Barijani Mahesa Putra, mahasiswa prodi Hubungan Masyarakat)

Mahesa, yang juga seorang atlet sepatu roda nasional, mengungkapkan bahwa kontes Abang None Jakarta Barat 2022 tersebut merupakan salah satu media pembelajaran baginya untuk mengetahui perkembangan budaya dan pariwisata Jakarta. Di samping itu, sebagai seorang mahasiswa yang mempelajari dunia kehumasan, Ia mengatakan bahwa salah satu peran seorang praktisi humas adalah menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah maupun masyarakat. “Melalui berbagai pelatihan yang diberikan saat karantina, saya dan finalis lainnya mempelajari cara untuk mengembangkan diri, seperti meningkatkan kemampuan public speaking, berpenampilan di depan publik, serta cara mengenalkan budaya Jakarta ke masyarakat luas,” ungkap Mahesa.

Tiap kompetisi, menurut Mahesa, memiliki tantangan yang berbeda-beda. Ia mengatakan, “Tantangan yang saya hadapi kali ini tentunya berbeda dengan kompetisi sebelumnya. Kontes Abang None Jakarta Barat 2022 lebih berfokus pada awareness masyarakat yang perlu ditingkatkan mengenai budaya dan pariwisata Jakarta. Sehingga, sebagai seorang duta pariwisata, saya harus lebih update mengenai berbagai fenomena yang ada di Jakarta, khususnya Jakarta Barat.” Dengan gelar yang diraihnya, selama satu tahun ke depan, Mahesa akan bertugas dalam berbagai program yang sudah dicanangkan Abang None Jakarta Barat 2022.

(Foto: Barijani Mahesa Putra meraih predikat Abang Favorit Jakarta Barat 2022)

Selama menjalani perkuliahan di Vokasi UI, berbagai prestasi telah dicetak oleh Mahesa, baik sebagai atlet maupun mahasiswa. Sebelumnya, Mahesa menyabet medali saat PON XX Papua 2021 dan berhasil maju sebagai finalis dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional Tingkat Diploma mewakili UI.

(Foto: Penampilan Mahesa saat di malam final pemilihan Abang None Jakarta Barat 2022)

Padang Wicaksono, S.E., Ph.D, Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, menyampaikan apresiasinya terhadap berbagai prestasi yang diraih Mahesa. “Saya sangat senang dengan antusiasme dan semangat tinggi yang ditunjukkan Mahesa dalam mengenalkan industri pariwisata Jakarta. Tentunya kebanggaan bagi kami, Universitas Indonesia, memiliki anak muda yang ingin terus berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” kata Padang.