Depok-Mahasiswa program studi (prodi) Hubungan Masyarakat, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), melakukan kunjungan ke PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk beberapa waktu lalu. Didampingi Ketua Program Studi Hubungan Masyarakat, Mareta Maulidiyanti, S.Sos., M.Si., CPR., CICS, dan dosen pengampu mata kuliah Penulisan Naskah Humas, Dra. Amelita Lusia, M.Si., sekitar seratus mahasiswa tersebut menambah wawasan terkait praktik manajemen krisis dan strategi kehumasan dari salah satu perusahaan penerbangan terkemuka di Indonesia.
(Foto: Sesi pemaparan dan tanya jawab saat kunjungan mahasiswa ke Garuda Indonesia)
Kunjungan studi tersebut diawali dengan tur ke Garuda Maintenance Facilities (GMF) AeroAsia, fasilitas perawatan pesawat terbesar di Asia Tenggara. Pada kesempatan tersebut, mahasiswa diajak mengeksplorasi bebragai hanggar, termasuk Hanggar 4 yang merupakan hanggar pesawat berbadan sempit terbesar di Indonesia. Selain itu, mereka juga berkesempatan memasuki kabin pesawat Boeing 737-800NG yang menggunakan classic livery, sekaligus mempelajari detail proses perawatan pesawat.
“Melalui kunjungan ini, kami ingin memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa tentang fungsi humas dan cara berperan dalam mendukung keberlanjutan bisnis di perusahaan besar seperti Garuda Indonesia,” ungkap Amelita yang juga merupakan Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI.
(Foto: Suasana kunjungan mahasiswa Vokasi UI ke hanggar pesawat Garuda Indonesia)
Tim Corporate Secretary Group Head Garuda Indonesia memberikan pemaparan menarik tentang strategi komunikasi perusahaan dan berbagi pengalaman dalam menghadapi krisis. Pemaparan tersebut disampaikan Dicky Irchamsyah, Head of Corporate Communions Garuda Indonesia, yang membahas peran divisi hubungan masyarkaat di PT Garuda Indonesia. Selanjutnya, pemaparan yang bersifat lebih stratejik disampaikan Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, Mitra Piranti.
Lebih lanjut, Mareta mengungkapkan bahwa kunjungan industri ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada mahasiswa angkatan 2024. “Melalui kegiatan ini, mahasiswa akan memahami peran strategis humas dalam perusahaan besar, terutama Badan Usaha Milik Negara seperti Garuda Indonesia,” tutup Mareta.