Depok-Bulan Maria Mundi Octavia dan Najwa Chairunnisa, mahasiswa Program Studi Periklanan Kreatif, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) menuangkan kreativitasnya di bidang kewirausahaan dalam bentuk merek pakaian bernama Etstellas.id. Seperti kebanyakan wanita seusianya, Bulan dan Najwa –sapaan akrab keduanya- layaknya mahasiswi lain menyukai berdandan, swafoto, serta mix and match busana, kemudian diunggah ke media sosial. Berangkat dari hobi yang sama itu, mereka memiliki ketertarikan pada fesyen sehingga memutuskan mulai merintis usaha mikro berbasis daring tersebut.

Memiliki tagline “Sell many stuff to complete your outfit”, Etstellas.id fokus memasarkan produknya di platform daring Instagram dan Shopee. Saat ini, produk yang dihasilkan berupa ragam kaus oversized dengan variasi desain menarik. Bulan menjelaskan bahwa segmentasi pasar yang dituju oleh Etstellas.id nanti tidak hanya berfokus pada perempuan, tapi juga untuk laki-laki. “Kami berusaha untuk memperluas target pasar agar Etstellas.id dapat menjadi salah satu pilihan merek pakaian yang dicari oleh remaja perempuan maupun laki-laki,” ujar Bulan.

(Foto: Produk Etstellas.id, Noire Vol. 2)

Etstellas.id merupakan salah satu wirausaha yang berhasil mendapatkan pendanaan Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi (PWMV) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Pendanaan ini diterima oleh Bulan dan Najwa setelah melewati berbagai seleksi dan bersaing dengan lebih dari 1.000 pendaftar yang merupakan kelompok mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia.

(Foto: Produk Etstellas.id, Blanc Vol. 1)

“Etstellas.id merupakan satu dari 455 karya kewirausahaan mahasiswa vokasi Indonesia yang mendapatkan pendanaan yang ditujukan untuk mendirikan dan memajukan usaha mahasiswa dalam berbagai bidang. Setelah pendanaan diberikan, setiap kelompok akan dinilai dan wajib menyampaikan laporan kemajuan usahanya setiap bulan,” jelas Najwa. Najwa menambahkan bahwa bekal pengetahuan dan materi yang diberikan saat perkuliahan, khususnya di bidang periklanan sangat membantu perkembangan Etstellas.id seperti memanfaatkan media placement yang tepat dan luas untuk pemasaran produknya. “Mata kuliah-mata kuliah yang kami pelajari di kelas, seperti teknik media buying, negosiasi, desain grafis, dan lainnya sangat membantu kami untuk terus mengembangkan Etstellas.id agar semakin dikenal masyarakat,” ungkap Najwa.

(Foto: Produk Etstellas.id, Port in a Storm)

Industri di bidang fesyen kini menjadi salah satu produk ekonomi kreatif yang diminati masyarakat. Melalui Etstellas.id, Bulan dan Najwa dapat berekspresi dan beraktualisasi diri sembari berharap mereka dapat berkontribusi dalam kemajuan industri fesyen Tanah Air.

X