Erwin Harinurdin, S.Sos., M.S.Ak., CHCM.

Program Studi: Administrasi Keuangan dan Perbankan
Kepakaran: Akuntansi dan Keuangan

Erwin Harinurdin, M.S.Ak. CHCM., lahir di Jakarta, 12 Juni 1973, merupakan lulusan sarjana di Program Studi Ilmu Administrasi Fiskal, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia pada tahun 2003. Kemudian, ia melanjutkan studi magisternya di Program Studi Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia dan berhasil lulus pada tahun 2008.

Erwin memulai kariernya sebagai asisten dosen selama menjalani program sarjananya. Kemudian, ia berkarier sebagai staf keuangan Program Jangka Pendek Pendidikan Aplikasi Akuntansi dan Perpajakan serta Program Pascasarjana Ilmu Administrasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Ia pernah juga menjadi Bagian Pengembangan dan Pendidikan Program Sarjana Ekstensi Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI sampai dengan tahun 2009. Di tahun yang sama, Erwin bergabung menjadi dosen di Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia.

Ia memiliki beberapa sertifikat kompetensi yang menunjangnya sebagai seorang dosen, antara lain Sertifikasi Manajemen Risiko sampai level II,  Sertifikasi Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Sertifikasi Asesor Kompetensi. Selain itu, ia juga tergabung dalam asosiasi profesi, seperti Badan Sertifikasi Manajemen Risiko dan Perkumpulan Profesi Dosen Vokasi Indonesia.

Kepakaran yang dimilikinya, yaitu Akuntansi dan Keuangan, diterapkannya dalam beberapa program pengabdian masyarakat yang ia jalankan. Di antaranya, Aplikasi Perpajakan Untuk Koperasi FISIP UI di Tahun 2018, Empowering Pengusaha Lokal dan Anak Bangsa dengan Metode Closed Crowsourching terhadap Home Industri di Serang dengan Menggunakan Literasi Keuangan di Tahun 2019, dan Alternatif Model Penghimpunan Peran UMKM Konveksi dalam Ketersediaan Masker untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 di Kota Bandung di Tahun 2020.

Pada tahun 2006, Erwin menerima penghargaan untuk Juara II Tingkat Nasional Karya Tulis Perpajakan Tahun 2006 yang diadakan Departemen Keuangan Republik Indonesia. Selain itu, ia juga menerima Piagam penghargaan Makara Dharma Bakti X Tahun dari Rektor Universitas Indonesia pada tahun 2019.

Publikasi:

  • 2017, Analysis of Acceptable Tax Avoidance in Good Business Purpose at Indonesia, KnE Social Sciences, 1512–1526, The 2nd International Conference Vocational Higher Education (ICVHE) 2017 Proceeding
  • 2015, Analisis Tranfer Pricing dalam Prosess penyaluran Kredit Perbankan Dengan menggunakan Arm’s lenght Principle, Jurnal Vokasi Indonesia, Vol. 3, No. 2
  • 2014, Kajian Teoritis Atas Harmonisasi Antara Keseragaman (Uniformity) Praktik Akuntansi Komersial dan Fiskal dalam Perusahaan Perbankan Indonesia, Jurnal Vokasi Indonesia, Vol. 2, No. 2
  • 2013, Praktik Governance Perbankan Indonesia Ditinjau dari Aspek Risiko, Jurnal Vokasi Indonesia, Vol. 1, No. 2
  • 2011, Perilaku Kepatuhan Wajib Pajak Badan, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Vol. 16, No. ISSN 0854-3844