Pilih Laman

Depok-Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia kembali mengadakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara daring melalui Zoom dan YouTube pada 2 Agustus 2021 dengan tema “Satu dalam Keberagaman”. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan PKKMB Universitas Indonesia yang ditujukan kepada para mahasiswa baru angkatan tahun 2021.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh MC. Kemudian, dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Direktur Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA. Dalam sambutannya, ia memperkenalkan program Sarjana Terapan yang terdiri dari enam program studi, yaitu Program Studi Bisnis Kreatif, Produksi Media, Manajemen Bisnis Pariwisata, Manajemen Rekod dan Arsip, Fisioterapi, dan Terapi Okupasi. Ia juga menjelaskan bahwa ini merupakan tahun pertama untuk menjalankan program Sarjana Terapan bagi Universitas Indonesia. Ia berharap agar di tahun-tahun mendatang program Sarjana Terapan dapat terus bertambah seiring meningkatnya kebutuhan industri di berbagai sektor.

“Vokasi UI memiliki sistem pembelajaran dengan kurikulum 3-2-1 untuk program Ahli Madya. Sedangkan, untuk program Sarjana Terapan menerapkan sistem pembelajaran 70% praktik dan 30% teori, kemudian mahasiswa akan mengerjakan¬†project dan juga skripsi. Diharapkan lulusan program Sarjana Terapan Vokasi UI akan menjadi pencipta kerja, bukan pencari kerja,” jelas Sigit.

Setelah itu, sambutan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. Dalam sambutannya, ia mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru dan berharap bahwa lulusan vokasi di seluruh Indonesia agar dapat menjadi SDM yang kompeten, unggul, dan terampil dengan mendalami dan mempelajari materi yang diberikan kampus.

Kemudian, kegiatan ini dilanjutkan dengan sambutan oleh Padang Wicaksono, S.E., Ph.D. selaku Wakil Direktur Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, serta pengenalan sarana dan prasarana, serta struktur organisasi Vokasi UI oleh Ir. Antony Sihombing, MPD, Ph.D. selaku Wakil Direktur Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum. Selanjutnya, penayangan video testimoni dari para alumni Vokasi UI dan juga penayangan video “Satu dalam Keberagaman”, produksi mahasiswa Program Studi Penyiaran Multimedia Vokasi UI.

Kegiatan ini diakhiri dengan PKKMB oleh masing-masing program studi melalui Zoom. Para mahasiswa baru diajak untuk berkenalan dengan para dosen program studi masing-masing yang akan menjadi pengajar bagi mereka selama berkuliah di kampus.

X
%d blogger menyukai ini: