Depok-Saat ini, industri film berkembang pesat seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Mulai dari peralatan produksi, pascaproduksi, hingga pembiayaan film, semua telah berubah.

Program studi (prodi) Produksi Media, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) melakukan kunjungan studi ke Studio Perusahaan Film Negara (PFN) pada Jumat, (08/07/2022) sebagai wadah pengenalan produksi film di Indonesia. Mahasiswa prodi Produksi Media, bersama dengan N. Rangga Wiwesa, M.I.Kom., CICS, MIPR, selaku Ketua Program Studi Produksi Media, mempelajari cara produksi sebuah film langsung di industri. Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari program Content Lab (COLAB) Promed untuk hadir mengunjungi berbagai industri, khususnya yang bergerak dan berkaitan dengan Produksi Media.

(Foto: Pemaparan tentang PFN yang disampaikan Direktur Produksi PFN, Tjandra Wibowo)

PFN adalah BUMN bidang perfilman dan menjadi salah satu perintis industri film di Indonesia. Direktur Produksi PFN, Tjandra Wibowo, hadir untuk memberikan penjelasan terkait sejarah berdirinya PFN kepada mahasiswa. “Saat ini, Kementerian BUMN mulai mengarahkan PFN menjadi lembaga keuangan perfilman atau film financing. Melalui perannya sebagai lembaga keuangan perfilman, Perum Produksi Film Negara tersebut akan mengarah dan masuk ke klaster jasa keuangan. Upaya tersebut dilakukan dengan cara mendorong PFN menjadi BUMN sebagai lembaga pembiayaan perfilman,” ungkap Tjandra.

Sebagai prodi yang berfokus pada pemberian pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan untuk menghasilkan karya kreatif, baik film, televisi, radio, dan saluran komunikasi massa lainnya, Produksi Media berupaya untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri. Rangga mengatakan, “Kunjungan industri yang kami lakukan akan diarahkan pada kolaborasi antara Vokasi UI dengan PFN dalam berbagai bidang, seperti pengembangan kurikulum bersama, magang industri, kuliah dosen tamu, dan lainnya.”

(Foto: Mahasiswa Produksi Media berkesempatan foto dengan boneka “Si Unyil”)

Tak hanya mendengarkan paparan terkait perkembangan film di Indonesia, mahasiswa juga diajak melakukan tur gedung PFN. Beberapa tempat yang dikunjungi adalah studio besar yang digunakan untuk pembuatan film, museum kecil yang memuat alat-alat produksi film di zaman dulu, seperti editing desk, audio player, kamera, alat rekam suara, dan lain-lain. Mahasiswa juga diperlihatkan beberapa foto yang merupakan dokumentasi dari pembuatan serial “Si Unyil”.

(Foto: Mahasiswa Produksi Media berkesempatan melihat alat-alat yang digunakan untuk produksi film)

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D, menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh prodi Produksi Media tersebut. “Kunjungan studi yang dilakukan ke industri merupakan salah satu program yang bermanfaat bagi mahasiswa untuk mengenal dunia industri yang sesungguhnya. Mereka dapat mempelajari cara memproduksi media secara langsung dan menyerap ilmu, serta informasi yang diberikan oleh para praktisi di PFN,” ujar Padang.