Depok-Tiga mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Trio Tone Team berhasil meraih Juara 1 setelah mengungguli lebih dari 100 kelompok pendaftar lainnya se-Indonesia pada kompetisi Andalas National Marketing Plan Competition (ANMPC) 2024. Ketiganya merupakan mahasiswa program studi (prodi) Bisnis Kreatif, Program Pendidikan Vokasi UI, yang terdiri atas Carissa Tito Eka Febrina, Diki Pratama Putra, dan M. Aqil Drajat Ramadhan. Kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan The Management Club Universitas Andalas tersebut diadakan secara daring sejak Maret hingga Mei 2024.

Aqil mengatakan bahwa ide marketing plan dikembangkan untuk menjawab misi case collaborator dari Tropicana Slim, yaitu “Product Development in Healthy Lifestyle Based on Creative Economy” untuk menjadi top of mind di pasar gula rendah kalori di Indonesia. Aqil menjelaskan, “Kami mengembangkan marketing plan ini dengan playing fields di O+O Experiences, Augmented Services, dan Product Innovation. Kami merampungkan ide baru kita dalam kurun waktu kurang dari satu bulan untuk membuat prototipe dalam bentuk VR Experience, Product Development, dan pengembangan konten sebagai inovasi utama kami.”

Solusi yang ditawarkan untuk menghadapi brand dan unggul dari kompetitor adalah tetap mempertahankan top of mind Tropicana Slim sebagai pasar pemanis rendah kalori di Indonesia melalui FIT Strategy. Strategi tersebut, yaitu F (Fostering Health Conscious Awareness Throgh Tropicana Slim’s Product Knowledge); I (Integrating Online and Offline Marketing Channels for Tropicana Slim’s Product); dan T (Targeting Potential B2B and Media Partnerships for Tropicana Slim’s Product Development). Cara mendekatkan strategi ini ke masyarakat adalah dengan memperkenalkannya melalui pendekatan Glow with Tropicana. Trio Tone Team mengajak jutaan orang untuk terlibat menjalani gaya hidup yang lebih sehat bersama Glow With Tropicana.

(Foto: Trio Tone Team saat melakukan simulasi VR untuk marketing plan yang mereka buat)

Setelah melakukan presentasi akhir di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Andalas, pada Rabu (15/05), Trio Tone Team berhasil menduduki peringkat puncak di atas beberapa kampus top lainnya. “Kami merasa sangat bangga, bahagia, dan lega karena kerja keras dan usaha yang dilakukan terbayar dengan hasil yang memuaskan. Tentu, dukungan dari Vokasi UI melalui pembelajaran di kelas sangat membantu kami untuk mencapai posisi ini. Beberapa mata kuliah menjadi sumber dari pembuatan marketing plan, seperti Berpikir Kritis dan Kreatif, Desain dan Video Animasi, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Riset Pasar, Human Computer Interface, dan lainnya,” kata Aqil.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI Padang Wicaksono, S.E., Ph.D, mengungkapkan rasa bangganya terhadap prestasi yang diraih Aqil dan tim. Menurutnya, partisipasi ketiganya pada kompetisi marketing plan tersebut menjadi wadah bagi mereka untuk melatih diri sebelum terjun ke industri. Kurikulum berbasis praktik yang diimplementasikan Vokasi UI terbukti berhasil membawa para mahasiswa mengharumkan nama almamater UI. “Saya berharap Trio Tone Team tidak hanya puas dengan prestasi yang diraih mereka saat ini. Saya yakin dengan keteguhan dan konsistensi ingin berprestasi akan membawa mereka menuju jenjang yang lebih tinggi, yaitu di level internasional,” ujar Padang.

author avatar
Humas Program Pendidikan Vokasi UI
WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!