Akuntansi

Tujuan dari program studi ini adalah menghasilkan Ahli Madya yang mampu menyusun laporan keuangan, mengisi laporan perpajakan serta melakukan pengauditan di bawah supervisi akuntan.

Program Studi Akuntansi Vokasi UI bekerjasama dengan IAPI (Institut Akuntan Publik) atau Indonesian Institute of Certified Public Accountants (IICPA), berdiri sejak tanggal 24 Mei 2007 sebagai organisasi akuntan publik yang independen dan mandiri dengan berbadan hukum. Melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17/PMK.01/2008, pemerintah mengakui IAPI sebagai organisasi profesi akuntan publik yang berwenang melaksanakan ujian sertifikasi akuntan publik, penyusunan dan penerbitan standar profesional dan etika akuntan publik, serta menyelenggarakan program pendidikan berkelanjutan bagi seluruh akuntan publik di Indonesia. IAPI diharapkan dapat memenuhi seluruh persyaratan International Federation of Accountants (IFAC) yang berhubungan dengan profesi dan etika akuntan publik.

Program Studi Akuntansi Vokasi UI juga bekerjasama dengan MAPPI (Masyarakat Profesi Penilai Indonesia) atau Indonesian Society of Appraisers (ISA), yang merupakan Organisasi Profesi Penilai di Indonesia yang bersifat mandiri, nirlaba dan nonpolitis yang berdiri pada tanggal 20 Oktober 1981 dengan tujuan meningkatkan pengembangan profesi dan badan usaha jasa penilai di tingkat Nasional dan Internasional.

Profesi Akuntan dapat digolongkan sebagai berikut:

  1. Akuntan Publik (Public Accountants)

Akuntan Publik juga dikenal dengan akuntan eksternal yang independen dan memberikan jasa-jasanya atas dasar pembayaran tertentu. Mereka bekerja bebas dan umumnya mendirikan suatu kantor akuntan. Yang termasuk dalam kategori akuntan publik adalah akuntan yang bekerja pada kantor akuntan publik (KAP) dan dalam prakteknya sebagai seorang akuntan publik dan mendirikan kantor akuntan, seseorang harus memperoleh izin dari Departemen Keuangan. Seorang akuntan publik dapat melakukan pemeriksaan (audit), misalnya terhadap jasa perpajakan, jasa konsultasi manajemen, dan jasa penyusunan sistem manajemen.

  1. Akuntan Intern (Internal Accountant)

Akuntan intern adalah akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi. Akuntan intern ini disebut juga akuntan perusahaan atau akuntan manajemen. Jabatan tersebut yang dapat diduduki mulai dari staf biasa sampai dengan Kepala Bagian Akuntansi. Tugas mereka adalah menyusun sistem akuntansi, menyusun laporan keuangan kepada pihak-pihak eksternal, menyusun laporan keuangan kepada pimpinan perusahaan, menyusun anggaran, penanganan masalah perpajakan dan pemeriksaan intern.

  1. Akuntan Pemerintah (Government Accountants)

Akuntan Pemerintah adalah akuntan yang bekerja pada lembaga-lembaga pemerintah misalnya di kantor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pengawas keuangan (BPK).

Untuk Mahasiswa Program Studi Akuntansi yang telah mengikuti Ujian Sertifikasi Profesi, berikut Gelar Sertifikasi yang akan didapatkan: