Program Studi Administrasi Perkantoran memiliki beberapa laboratorium untuk menunjang kegiatan pendidikan dan pengajaran. Terdapat empat laboratorium yang dimiliki Program Studi Administrasi Perkantoran, antara lain:
- Laboratorium Perkantoran
- Laboratorium Pengembangan Pribadi
- Laboratorium Teknologi Perkantoran
- Laboratorium Mengetik
Keberadaaan Laboratorium perkantoran dan Sekretari di Prodi Administasi Perkantoran dan Sekretari ini tak lepas dari sasaran dari Program Studi ini yang bertujuan menghasilkan tenaga Ahli Madya Administrasi Perkantoran dan Sekretari yang mampu mengelola perkantoran dan menjunjung tinggi Etika Profesi. Sehingga lulusan dari program studi ini diharapkan memiliki kemampuan teknis tinggi (skilled) yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan tugas-tugas di bidang administrasi perkantoran dan kesekretarisan.
Jenjang jabatan sekretaris adalah: yunior administrative assistant, administrative assistant, senior administrative assistant, executive assistant hingga office manager. Dengan adanya penjenjangan jabatan sekretaris ini, akan memberikan peluang bagi para sekretaris untuk meningkatkan kemampuannya. Setiap jenjang jabatan sangat ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki.
Keterampilan yang dibutuhkan untuk mendapatkan posisi administrative professional, meliputi communication skills (listening, speaking and writing), human relation skills, decision making skills, technology skills, dan life-long learning skills.
Peralatan Penunjang
Program Studi Administrasi Perkantoran dan Sekretari yang merupakan bagian dari Program Vokasi Indonesia dilengkapi dengan laboratorium Perkantoran dan Sekrearis yang cukup modern. Untuk melengkapi praktek para mahasisiwa di laboratorium, berbagai peralatan kantor modern telah tersedia seperti Ruangan dan meja untuk resepsionis, Ruang Direktur lengkap dengan meja, Ruang rapat lengkap dengan meja modern, Ruang-ruang kecil tiap bagian / unit kerja, Computer yang terhubung dengan Local area Network beserta printer, CCTV, Mesin tik manual, Mesin Fax, Mesin penghancur kertas, Infocus beserta layar, Lemari File, dll
Laboratorium perkantoran dan sekretaris di sediakan bagi para mahasiswa prodi administrasi Perkantoran dan Sekretaris sebagai tempat untuk mempraktekkan langsung aktivitas bekerja di kantor. Sehingga diharapkan setelah lulus nanti para alumni Prodi APS di canggung untuk bekerja didalam lingkugan kantor yang sebenarnya Adapun kegiatan perkuliahan di laboratorium ini meliputi kegiatan perkuliahan berupa praktikum studi kasus perkantoran, dimana setiap pertemuan mahasiswa diberikan peran-peran seperti layaknya di kantor. Setiap minggu studi kasus yang diberikan berbeda-beda oleh dosen yang mengampu mata kuliah tersebut sehingga para mahasiswa menjadi bersemangat mengikuti kegiatan perlukiahan dilaboratorium. Laboratorium perkantoran ini didukung pula oleh keberadaan laboratorium mengetik sehingga para mahasiswa terlatih didalam mengetik cepat serta Laboratorium computer yang lebih lengkap.