Kepala Lab. Informasi Dokumen: Ratih Surtikanti, M.Hum.

Program Studi Manajemen Informasi dan Dokumen saat ini memiliki dua ruangan laboratorium yang biasa digunakan untuk berbagai kegiatan praktikum untuk berbagai keperluan. Adapun laboratorium yang dimiliki oleh Program Studi Manajemen Informasi dan Dokumen Antara lain:

  1. Laboratorium Kearsipan (VC 103)
  2. Laboratorium Pengolahan Arsip (VA 604)

Lab Informasi Dokumen merupakan Sarana Praktek Mahasiswa Program Studi Manajemen Informasi dan Dokumen (MID) sebagai simulasi bagaimana  unit kearsipan berjalan di dunia kerja. Lab Informasi Dokumen juga difungsikan sebagai pusat kajian riset terapan dan pengabdian masyarakat di bidang ilmu kearsipan.

Lab Kearsipan

Visi Lab Kearsipan adalah sebagai simulasi dari daur hidup arsip, yaitu, arsip dinamis aktif, arsip dinamis inaktif, dan arsip statis, dimana bisa menangkap tahapannya mulai dari penciptaan, penggunaan/pendistribusian, penyusutan, dan penyimpanan.

  1. Penciptaan dan penggunaan/pendistribusian
    Mahasiswa praktik mengerjakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan penciptaan informasi terekam sebagai akibat dari sebuah kegiatan dari suatu organisasi / perorangan. Kegiatan yang berkaitan seperti: mengenali jenis-jenis surat, membuat surat, mengenali tipe jenis surat masuk dan surat keluar, mengenali metadata penting terkait dengan temu kembali seperti nomor surat, subyek, tanggal, nama penanggungjawab, dan sebagainya.
    Mahasiswa juga praktik dan memahami proses penggunaan dan pendistribusian arsip baik secara elektronik maupun manual menggunakan .buku agenda, kartu kendali, dan lain sebagainya
  2. Penyusutan Arsip
    Mahasiswa praktik melakukan penyusutan arsip langsung menggunakan arsip-arsip yang dimiliki Program Vokasi UI, dan mengerjakannya dengan alat bantu, yaitu Daftar Klasifikasi dan Jadwal Retensi Arsip?yang disediakan oleh Kantor Pusat Arsip UI.
  3. Penyimpanan Arsip
    Mahasiswa praktik melakukan penataan berkas dalam proses menyimpan arsip dan membuat finding aids (alat temu kembali) menggunakan database ?Arsip terkini, seperti ICA-ATOM yang digunakan oleh lembaga-lembaga pemerintahan.