Deskripsi Program Studi

Program Studi Hubungan Masyarakat, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia adalah program studi yang mempersiapkan dan menghasilkan lulusan yang berkualitas, berintegritas, dan memiliki wawasan dan orientasi kewirausahaan dalam bidang Komunikasi

Visi

Menjadi Pusat Unggulan Pendidikan Vokasional Bidang Komunikasi Di Asia Tenggara.

Misi
1. Memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan masyarakat melalui proses pembentukan karakter lulusan yang memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi.
2. Menawarkan mata kuliah yang inovatif dan mampu bersaing dengans program diploma lainnya di ASEAN dengan silabus terbaru yang memadukan teori dan praktek yang selaras dengan kebutuhan dunia kerja.
3. Menyediakan staf pengajar terbaik dan berkualitas sesuai dengan bidang yang diajarkan.
4. Mengembangkan kurikulum, silabus, dan bahan ajar sesuai kebutuhan dunia kerja dan standar internasional.

Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Hubungan Masyarakat adalah tenaga madya yang berkualitas, berintegritas, dan memiliki wawasan dan orientasi kewirausahaan dalam bidang Komunikasi.

Tujuan Pendidikan

Tujuan Pendidikan Program Studi Hubungan Masyarakat adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, berintegritas, dan memiliki wawasan dan orientasi kewirausahaan dalam bidang Komunikasi
  2. Menghasilkan sumber daya akademik yang menguasai ilmu dan keterampilan dalam bidang Komunikasi sehingga mampu melakukan transmisi pengetahuan, sikap, keterampilan dan kultur kerja profesional kepada peserta didik
  3. Menjadi mitra masyarakat dan dunia usaha dalam mendorong pengembangan dan penyelesaian problematika terkait di bidang Komunikasi serta menjawab kompleksitas di masa depan.

Bidang Pekerjaan Lulusan

Kini public relations (PR) menjadi salah satu profesi yang banyak diincar oleh para pencari kerja. Menjanjikan penghasilan tinggi dan hampir semua perusahaan yang menerapkan manajemen moderen membutuhkan public relations. Menurut Indira Abidin (Fortune PR), public relations memang mempunyai peran dalam membangun hubungan timbal balik dengan berbagai stake holder. Mereka harus membangun hubungan yang baik untuk mendukung tercapainya tujuan bagi pribadi, organisasi, atau perusahaan.

PR yang bekerja pada sebuah perusahaan biasa disebut inhouse public relations. Peluang karier PR sangat besar dan luas, sejalan dengan modernisasi yang terjadi di segala bidang. Menurut Indira, selama dua tahun belakangan ini ia banyak menerima proyek berkaitan denganpublic relations. Banyak permintaan yang datang ke Fortune PR. Hampir 30 % dari luar negeri. Jenjang karier PR contohnya adalah account coordinator, associate, senior associate, consultant, senior consultant, dan principal consultant.Kisaran penghasilan PR di level pemula sekitar Rp. 3 juta hingga Rp. 5 juta per bulan. Sedangkan penghasilan tingkat senior berkisar Rp. 7 juta hingga Rp. 12 juta. Di level selanjutnya penghasilan mereka bisa mencapai puluhan juta per bulan.

MItra Industri

Program Studi Komunikasi bekerjasama dengan berbagai instansi baik itu pemerintahan maupun swasta baik dalam negeri maupun luar negeri untuk peningkatan kompetensi, penyediaan laboratorium, penyaluran lokasi magang. Adapun mitra yang sudah bekerja sama dengan Program Studi Komunikasi antara lain

Perhumas, Aspikom, APPRI, P3I, ISKI, Asosiasi MC Indonesia, ,Pemerintah Kota Bogor, Kementerian Pariwisata, Telkom, CNN, MetroTV, Bigo Live Singapore, IGBS Perancis, MPC Asian Games,

Sertifikasi Profesi Lulusan

Untuk Mahasiswa Program Studi Komunikasi yang telah mengikuti Ujian Sertifikasi Profesi, berikut Gelar Sertifikasi yang akan didapatkan:

Dibutuhkan Dosen Tetap Program Studi Komunikasi dengan ketentuan sebagai berikut:

Syarat Umum:

  1. Sehat Jasmani dan Rohani;
  2. Usia maksimal 35 tahun;
  3. Pendidikan minimal S2 dari perguruan tinggi terakreditasi A atau luar negeri bereputasi. Diutamakan berasal dari latar belakang pendidikan S1/S2 Komunikasi atau Sosial Humaniora;

Syarat khusus:

  1. Memiliki pengalaman bekerja minimal 5 tahun di industri komunikasi atau bekerja di divisi/departemen yang terkait dengan bidang komunikasi;
  2. Memiliki jaringan di industri yang kuat dengan memiliki rekomendasi dari minimal 3 perusahaan/organisasi yang berbeda;
  3. Diutamakan yang memiliki karya tulisan di media massa/buku/jurnal akademik nasional atau internasional;
  4. Memiliki ketrampilan berbasis teknologi informasi.

Kirimkan CV & Lamaran Lengkap ke email sdm@vokasi.ui.ac.id