Salah satu aspek penting untuk menjaga produktivitas tenaga kerja adalah melakukan evalusi periodik terhadap Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) di lingkungan perusahaan. Penanganan K3 berbasis fisioterapi mampu memberikan upaya preventif terhadap timbulnya permasalahan gangguan kesehatan fisik karyawan di tempat kerja perkantoran seperti nyeri otot, sendi dan gangguan anatomis lainnya yang disebabkan oleh microtraumatic. Microtraumatic adalah suatu gangguan fisik akibat beban statis yang tidak simetris dari tubuh dalam waktu lama, sehingga dapat menyebabkan gangguan musculoskeletal disorder (MDS). Faktor pencetus microtraumatic di perkantoran adalah akibat 1) penggunaan alat kerja yang tidak tepat, 2) fasilitas ruang kerja yang mengabaikan aspek ergonomis dan 3) postur kerja yang salah. Dampak keluhan sakit akibat microtraumatic yang berkepanjangan dapat mengakibatkan menurunnya fungsi tubuh dan menimbulkan risiko gangguan kesehatan yang lebih luas. Lebih jauh dampak yang ditimbulkan akan menurunkan kinerja karyawan yang pada akhirnya akan merugikan bisnis perusahaan.

Dalam rangka pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, Laboratorium Fisioterapi Program Vokasi Ul menyelenggarakan program pengabdian masyarakat yang ditujukan bagi para pekerja kantoran melalui Program Edukasi K3 Berbasis Fisioterapi. Program ini sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas SMK3 di lingkungan kerja perkantoran mengacu pada Permenkes No. 48 Tahun 2016 tentang Standar K3 Perkantoran. Disamping melakukan edukasi bagi para karyawan, tim medis fisioterapi juga memberikan bantuan tindakan klinis fisioterapi di tempat bagi karyawan yang memerlukan.

Program ini hanya berlangsung hingga 31 Maret 2018 dan akan ditutup jika peminat melebihi batas kuota. Jika perusahaan Anda berminat segera hubungi telp/whatsapp 085813899553 / 0811964346 untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut.

Salam Sehat… Salam Produktif!
Tim Laboratorium Fisioterapi Vokasi UI