Aditya Denny Pratama, SST.FT, M.Fis.

    260

    Aditya Denny Pratama, SST.FT, M.Fis., yang akrab disapa dengan Denny. Lahir di Ngawi, 5 Agustus 1988. Anak pertama dari 3 bersaudara ini masuk Diploma III FKUI jurusan Fisioterapi pada tahun 2006. Dan di tahun 2007, di sela sela kesibukan sebagai mahasiswa, Denny sudah menjadi Asisten Dosen beberapa mata kuliah dan aktif berorganisasi di lingkungan perkuliahan. Denny berhasil menyelesaikan studi Diploma III pada tahun 2009 sebagai lulusan terbaik.

    Selepas lulus Diploma III, Denny langsung melanjutkan pendidikan Diploma IV Fisioterapi di STIKES BINAWAN, Jakarta. Sambil kuliah Denny pun bekerja di salah satu klinik di Jakarta dan aktif membantu dalam organisasi profesi Fisioterapi. Lulus Diploma IV di tahun 2011 kembali sebagai lulusan terbaik dengan predikat cumlaude. Tahun 2012 Denny bekerja di Stroke Unit NeuroReStorasi RSCM, Jakarta dan di tahun 2013 memutuskan untuk bergabung menjadi dosen luar biasa di program Vokasi Universitas Indonesia jurusan Fisioterapi sebagai bentuk dedikasinya mengabdi kepada Almamater dan berbagi pengalaman di klinisi. Berniat untuk mengembangkan ilmu, Denny pun melanjutkan kuliah Magister Fisiologi Olahraga peminatan fisioterapi di Universitas Udayana, Bali pada tahun 2013 dan selesai tepat pada waktunya di tahun 2015. Dengan tesis yang berjudul “Pelatihan Metode Bobath Lebih Baik Daripada Metode Feldenkrais Terhadap Peningkatan Keseimbangan Pada Pasien Pasca Stroke”.

    Setelah lulus S2, tepatnya pada bulan April tahun 2016 Denny bergabung sebagai calon dosen tetap program Vokasi Universitas Indonesia jurusan Fisioterapi. Denny juga telah banyak mengikuti symposium, seminar serta pelatihan yang terkait dengan keilmuan Fisioterapi baik Nasional maupun Internasional. Beberapa kali menghadiri kongres tingkat internasional yaitu Asian Confederation of Physical Therapy (ACPT) Congress di Bali tahun 2010 dan World Confederation Physical Therapy (WCPT) Congress di Singapura tahun 2015. Karena ketertarikannya terhadap Neurosains, sejak 2012 Denny sudah mengikuti seminar dan pelatihan Internasional mengenai penanganan Fisioterapi pada Neurologi khususnya Stroke dengan konsep Bobath, Feldenkrais, dan Neuro Muscular Tapping (NMT).

    Pria berusia 27 tahun ini berkeinginan untuk menjadi seorang entrepreuneur dengan membuka klinik Fisioterapi mandiri sehingga bermanfaat dalam pengembangan fisioterapi dan masyarakat yang kurang mampu serta mengembangkan kompetensi mahasiswa didikannya dengan memberikan seluruh kemampuan yang dimiliki baik yang didapat dari proses pembelajaran yang sudah ia tempuh maupun pengalaman sebagai klinisi, serta mencoba untuk melakukan penelitian atau riset guna mengembangkan potensi diri sebagai dosen dan memajukan Fisioterapi UI di kancah Nasional maupun Internasional.

    BAGIKAN