Depok-Universitas Indonesia (UI) melalui Program studi Hubungan Masyarakat, Program Pendidikan Vokasi UI menggelar PRAction X Makaravox Awards Public Relations (PR) Awards, Ajang kompetisi nasional ini diikuti siswa SMA sederajat, mahasiswa, praktisi humas, humas perusahaan swasta dan instansi/lembaga pemerintah, pada Selasa (20/05/2025) di Auditorium Vokasi UI.
Mengusung tema “The Power of Communication: Preserving the Ocean, Eliminate Exploitation”, PRAction kali ini mengajak mahasiswa dan siswa untuk mengikuti berbagai lomba, seperti Public Speaking, Public Relations Campaign, dan Video Kreatif yang mengangkat tentang tantangan isu lingkungan khsusunya eksploitasi laut. Di samping itu, kompetisi pada Makaravox Awards mencakup Tokoh Humas Pemerintah, PR Rookie untuk praktisi PR yang baru terjun ke industri, PR Pro untuk humas yang sudah memiliki pengalaman di atas 5 tahun, PR Student of the Year bagi mahasiswa kehumasan, PR Program Inovatif, Social Media Management, serta kategori Program Humas Pemerintah. Selain awarding, rangkaian acara tersebut juga menghadirkan talkshow bersama Vega Pita, Manager of Corporate Communication & Relations PT Pertamina International Shipping (PIS) yang mengulas peran penting PR dalam konservasi laut dan keberlanjutan bisnis.
(Foto: Wakil Direktur Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Deni Danial Kesa, M.B.A., Ph.D, saat memberikan sambutan pada acara PRAction 2025)
“PRAction X Makaravox Awards UI hadir sebagai inovasi kompetisi humas bergengsi yang melibatkan mahasiswa hingga praktisi PR di Indonesia. Event ini juga merupakan bagian dari model pembelajaran di prodi Humas, melalui mata kuliah Pengelolaan Ajang Khusus dan Protokoler, untuk mengasah hard skill dan juga soft skill para mahasiswa. Hal ini sesuai dengan tujuan Program Pendidikan Vokasi sebagai pendidikan yang berfokus pada kompetensi dengan kurikulum berbasis praktik sehingga mahasiswa akan dilatih menghadapi hal-hal menantang dalam dunia kerja,” ujar Deni Danial Kesa, M.B.A., Ph.D., Wakil Direktur Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Vokasi UI.
Salah satu kategori yang dikompetisikan, yaitu Program Humas Pemerintah, turut berkolaborasi dengan mitra dari Trendreader untuk menilai media berbasis data. Penilaian tersebut dilakukan melalui evaluasi terhadap institusi pemerintah berdasarkan pemberitaan di media massa dan media sosial selama periode Oktober 2024 hingga Maret 2025. Selain itu, penilaian dilakukan berdasarkan tiga pilar utama, yaitu volume pemberitaan, konteks narasi, dan sentimen positif yang muncul di media.
(Foto: Pemberian penghargaan kepada sejumlah praktisi di dunia kehumasan)
Kategori lainnya yaitu PR Campaign, indikator penilaian meliputi ketajaman program sesuai masalah yang diangkat, kreativitas, pengukuran yang tepat, efektivitas kampanye, hingga penampilaan saat presentasi. Penilaian juga mempertimbangkan sejauh mana kampanye mampu membangun citra positif, melibatkan audiens sasaran secara aktif, serta keberlanjutan jangka panjang ide kampanye. Terakhir, kemampuan tim dalam menjawab pertanyaan juri dan menyampaikan materi secara meyakinkan turut menjadi bagian dari aspek penilaian.
Hadir sebagai juara pertama pada kategori PR Campaign, yaitu Universitas Gadjah Mada. Kategori Video Kreatif dimenangkan oleh SMAN 1 Margahayu dan juara pertama Public Speaking jatuh pada Ataya Raisa dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Adapun kategori Makaravox UI Awards, dimenangkan oleh Kepolisian Republik Indonesia, PT Bank Central Asia, Badan Pusat Statistik, dan lainnya.
PRAction kali ini diharapkan dapat memberikan dampak bagi dunia akademik humas bahwa implementasi antara konsep dan praktik semakin nyata melalui penyelenggaraan event bergengsi. Sedangkan, impact bagi para profesional adalah mereka memiliki wadah untuk memunjukkan prestasi dan kinerja sehingga termotivasi untuk berkarya secara lebih inovatif dan kreatif.