Depok-Mahasiswa program studi (prodi) Produksi Media, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), melakukan kunjungan inspiratif ke Jakarta Fashion Week (JFW) 2025 pada Jumat (25/10/2024). Kunjungan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan wawasan yang dirancang khusus untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam memahami industri kreatif, khususnya di bidang fesyen dan media.
Pada kesempatan tersebut, para mahasiswa berkesempatan menyaksikan langsung rangkaian pagelaran busana yang memperlihatkan karya-karya terkini dari berbagai desainer ternama. Sebut saja beberapa jenama, seperti Oscar Lawalata Culture, Danjyo Hiyoji, SEBASTIANred, Benang Jarum, Sonderlab, dan lainnya. Lebih dari sekadar menyaksikan acara, mahasiswa prodi Produksi Media juga mendapat akses eksklusif untuk melihat sisi lain dari JFW dengan melakukan tur ke belakang panggung. Di sana, mereka menyaksikan persiapan para model dan tim produksi, mulai dari proses periasan, penataan busana, hingga sentuhan akhir yang dilakukan sebelum para model melangkah di atas panggung.
Ketua Program Studi Produksi Media, Ngurah Rangga Wiwesa, M.I.Kom., mengatakan bahwa kunjungan industri ke JFW yang sudah dilakukan secara berkala setiap tahunnya tersebut merupakan salah satu wadah pembelajaran bagi mahasiswa sebelum terjun ke dunia industri. “Melalui kunjungan ini, mahasiswa akan mendapatkan wawasan nyata tentang dinamika di balik panggung sebuah acara fesyen besar. Kami berharap agar kesempatan ini mampu memperkaya pengetahuan mahasiswa di bidang produksi media serta memberi inspirasi dalam berbagai aspek, seperti fotografi, pembuatan konten, hingga manajemen acara,” ujar Rangga.
Kunjungan ke JFW 2025 tersebut memberikan pengalaman hands-on yang jarang diterima di ruang kelas. Selain itu, kunjungan ini juga dapat menumbuhkan semangat dan kreativitas mahasiswa dalam menciptakan karya yang inovatif dan relevan di dunia industri. Kunjungan tersebut diakhiri dengan sesi diskusi bersama beberapa profesional di industri fesyen dan media yang berkesempatan berbagi pengalaman dan tip dengan para mahasiswa. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman tentang proses kreatif dalam penyelenggaraan acara fesyen, tetapi juga memberikan wawasan tentang kolaborasi lintas sektor dalam industri kreatif.