Peny Meliaty Hutabarat, S.Sos., M.S.M.
Program Studi: Penyiaran Multimedia
Kepakaran: Komunikasi Media, Teknologi Media, Pengaruh Media
Biografi
Peny Meliaty Hutabarat, S.Sos., M.S.M., atau yang biasa disapa Penny Hutabarat, lulus dari program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia pada 2007. Setelah menyelesaikan studinya, Penny memulai karirnya di PT. Austindo Nusantara Jaya Agri, anak perusahaan PT. Austindo sebagai assistant corporate secretary. Ia kemudian memutuskan untuk melanjutkan studi magisternya di Universitas Indonesia pada program studi Ilmu Manajemen, kekhususan marketing communication, Fakultas Ekonomi. Ia lulus pada 2012 dengan karya ilmiahnya yang mengangkat topik music & entertainment marketing. Karya ilmiah ini berhasil dipresentasikan dalam konferensi internasional bidang Ekonomi dan Bisnis di Sungkyunkwan University, Korea Selatan dan dipublikasikan pada 2014 di South East Asian Management Journal.
Kariernya di bidang public relations & marketing communication berkembang sejak berkarya sebagai Kepala Hubungan Masyarakat di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia pada 2009-2019. Ketertarikannya pada bidang pengajaran pun telah dimulai sejak 2011. Ia mengajar bidang komunikasi di beberapa universitas, termasuk di Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia. Pada 2019, Penny mulai bergabung sebagai dosen tetap di program studi Penyiaran Multimedia, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia.
Pendidikan
- \S.Sos. (Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia)
- \M.S.M. (Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia)
Publikasi
- 2022, Tren dan Kebutuhan Talenta Penyiaran Pada Kehumasan Pemerintah di Era Digital, Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Vol. 4, No. 2
- 2022, Music Tourism Potentials In Indonesia: Music Festivals And Their Roles In City Branding, Journal of Indonesia Tourism and Policy Studies, Vol. 7
- 2021, Podcast dan Personal Branding: Potensi Podcast Sebagai Media Untuk Membangun Personal Brand Pelaku UMKM Dengan Pendekatan Content Marketing, Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Vol. 4, No. 1
- 2021, Pemanfaatan Sonic Branding Sebagai Upaya Meningkatkan Strategi Pemasaran Merek. Studi Kasus: E-Commerce Tokopedia, Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Vol. 3, No. 2
- 2021, Pemanfaatan Strategi Omnichannel Marketing di Perguruan Tinggi, Jurnal Vokasi Indonesia, Vol. 9, No. 1