Depok-Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) baru saja menyelenggarakan NET GOES TO CAMPUS yang menghadirkan tiga pakar di bidang industri kreatif, yaitu Regina Chandra, Social Media Specialist NET; Raden Fajar Hadria Putra, IP Ghosty’s Comic; serta Jonathan Raharjo, Business Development Manager Facemoji Keyboard. Bertemakan “Konten (Medsos) Kece Masa Kini”, acara yang diselenggarakan di Auditorium Vokasi UI pada Senin (02/09/2024) tersebut terbuka untuk seluruh mahasiswa maupun masyarakat umum.
Regina mengawali kuliah umum dengan paparan mengenai pentingnya peran sebuah konten dalam membuat strategi komunikasi pemasaran. Selain itu, konten juga dapat berfungsi untuk mendorong audiens berinteraksi dengan kita. Regina mengatakan, “Untuk membangun loyalitas audiens, penting untuk membuat konten yang interaktif, seperti konten yang lucu atau memicu perdebatan. Konten tersebut akan membuat audiens merasa dekat dan terlibat. Selain itu, konten juga berfungsi untuk menyampaikan pesan dan informasi dengan efektif.”
(Foto: Fajar saat memaparkan materi seputar dunia pemasaran melalui KOL)
Selaras dengan pemaparan yang disampaikan Regina, Fajar mengungkapkan bahwa pembuatan konten saat ini jauh lebih mudah karena platform yang mewadahi konten sudah tersebar di mana-mana, seperti TikTok, YouTube, Facebook, dan lainnya. “Saat ini, siapa pun bisa menjadi public figure, tidak seperti zaman dulu ketika media untuk bisnis hiburan masih sangat terbatas. Bahkan, istilah endorse mulai banyak digunakan untuk melakukan pemasaran oleh Key Opinion Leader (KOL) atau influencer,” jelas Fajar.
Fajar juga menambahkan bahwa untuk menetapkan harga endorse, seseorang perlu mempertimbangkan nilai konten yang ditawarkan. Selain, itu harga juga dapat ditentukan berdasarkan kualitas konten dan layanan yang diberikan. Terakhir, seseorang perlu membuat prosedur yang jelas, seperti batasan revisi dan aturan endorse, sehingga klien memahami aturan yang perlu dipatuhi dan proses kerjanya. Di samping itu, adaptasi juga diperlukan sesuai kebutuhan klien.
(Foto: Pemaparan oleh Jonathan mengenai konten yang menarik saat ini)
Tak kalah penting, Jonathan juga menambahkan bahwa kreativitas dalam pembuatan konten menjadi poin utama untuk menarik minat audiens. Jonathan menjelaskan, “Semua platform media sosial saling terhubung, seperti TikTok dan Instagram. Sehingga, penting bagi kita untuk memilih platform yang paling sering digunakan dan sesuai sasaran. Kreativitas adalah momen dimana kalian membagikan ide, mengekspresikan diri melalui lelucon, konten pribadi, atau bentuk ekspresi lainnya.”
(Foto: Keseruan peserta saat melakukan IG stories challenge)
Selain kuliah umum, kegiatan tersebut juga mengajak audiens untuk mengikuti keseruan live report challenge dan IG stories challenge. Peserta dapat mengikuti tantangan untuk membuat konten IG stories di booth Facemoji Keyboard atau tampil sebagai reporter TV dan vlogger. Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D, mengatakan bahwa kuliah umum tersebut merupakan salah satu kolaborasi antara Vokasi UI dengan industri dalam bentuk pengajaran. “Melalui kuliah umum yang menghadirkan pakar industri tersebut diharapkan mahasiswa dapat menyerap banyak ilmu guna menjadi bekal mereka saat magang atau setelah lulus dari Vokasi UI,” tutup Padang.