Depok-Citra positif merupakan suatu hal yang penting dan perlu dilakukan oleh sebuah perusahaan. Terdapat beberapa strategi yang dapat membantu peningkatan citra positif, salah satunya adalah corporate social responsibility (CSR). Strategi CSR dilakukan sebuah perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab kepada pemangku kepentingan dan masyarakat luas untuk meningkatkan kesejahteraan dan memberi dampak positif bagi lingkungan. Maka dari itu, program studi Hubungan Masyarakat, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan kuliah dosen tamu bertajuk “Corporate Social Campaign Base Practice: JNE Sharing Session” pada Rabu (6/4/2022) secara daring. Kuliah tersebut mengundang Eri Palgunadi, Vice President of Marketing JNE, sebagai pembicara dan dipandu Wida Septarina, S.S., M.Si. sebagai moderator.

Eri menjelaskan bahwa JNE sebagai perusahaan logistik, melakukan strategi kampanye sosial melalui tiga program, yaitu pendidikan, keberlangsungan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), serta kesehatan dan penanganan Covid-19. “Kami bekerja sama dengan banyak perusahaan swasta untuk peningkatan UKM di Indonesia dalam bentuk workshop, kolaborasi, penyediaan platform, dan lain-lain. Hal tersebut merupakan bentuk dukungan kami terhadap masyarakat yang ingin mengembangkan brand-nya. Kami berharap agar UKM di Indonesia terus bertambah dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang,” jelas Eri.

(Foto: Eri menjelaskan strategi kampanye sosial perusahaan)

JNE telah mengadakan berbagai program kolaborasi dengan UKM di Indonesia, misalnya JNE x Brand Adventure Indonesia, JNE x Benings, JNE x ZOYA, JNE x Mandjha by Ivan Gunawan, dan lain-lain. Selain itu, pengadaan platform seperti Pesanan Oleh-oleh Nusantara (Pesona) dan Jemput ASI Seketika (JESIKA), juga merupakan bentuk kampanye sosial JNE yang berdampak luas bagi masyarakat.

Eri menambahkan, “Dalam pendidikan, kami juga melakukan kampanye sosial berupa pemberian donasi, beasiswa, dan lain-lain. Kami juga turut berkolaborasi dengan platform pendidikan seperti ruangguru untuk peningkatan edukasi di Indonesia.”

Terakhir, kampanye sosial di bidang kesehatan juga turut dilakukan JNE, yaitu bantuan tabung oksigen untuk pasien Covid-19, pemberian donasi, dan bantuan kesehatan lainnya.

(Foto: Eri menjelaskan beberapa merek yang telah bekerja sama dengan JNE)

“Hal terpenting yang perlu dilakukan oleh perusahaan adalah menciptakan citra positif bagi masyarakat, terutama konsumen. Melalui kampanye sosial, masyarakat akan melihat sisi humanis dari sebuah perusahaan. Sehingga, masyarakat akan memberikan reaksi berupa empati dan kepercayaan pada perusahaan tersebut,” ujar Eri.

WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!