Depok-Advertising Week Festival (AWF) 2024, festival periklanan yang diselenggarakan oleh mahasiswa program studi (prodi) Periklanan Kreatif, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), sukses diselenggarakan pada 30 Mei dan 1 Juni 2024. Mengusung tema “The Bloom”, AWF 2024 menghadirkan berbagai kegiatan inspiratif dan edukatif bagi para peserta dengan tujuan untuk mengembangkan minat dan bakat mereka dalam industri periklanan yang terus berkembang. Kegiatan tersebut digelar dalam bentuk gelar wicara menarik dari praktisi periklanan, lokakarya, panel diskusi, hingga kompetisi semarak seperti digital design, digital campaign, photography, dan brand innovation.

(Foto: Suasana kegiatan Advertising Week Festival 2024)

Kegiatan AWF 2024 menghadirkan sejumlah praktisi periklanan, yaitu Tamara Karlina, Social Media Executive Dentsu Indonesia; Bobby Alvianto, Chief Marketing Officer Haus Indonesia, Pradhana Harsaputera, Head of Digital Agency Cluyster P3I; Dalim Nurdin Bachrum, TikTok Content Creator & Education Consultant; La Ode Pradana, Connection Manager Mindshare; Adhi Setyo N.; Digital Advertiser Marketeers; Rafi Dwitama; Creative Design Associate Manager, Accenture Song; Ayu Fadhillah, CEO & Co-Founder BIGS GROUP; Vikri Ardiansyah, CEO KAMA Indonesia; Rico Lubis, Entrepreneur & Founder Local Fest; Marsya Febianka Utami, Copywriter Mata Angin; Fitri Wandasarai, Marketing Campaign TS Media; Marsya Sungkar, Digital Marketing Strategist PT Astra International Tbk; dan Ardito Octian, Head of Content Oppal. Acara tersebut juga diikuti oleh lebih dari 600 partisipan, termasuk mahasiswa, siswa SMA/K sederajat, hingga profesional di bidang periklanan.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D, mengatakan bahwa kegiatan tahunan yang diselenggarakan prodi Periklanan Kreatif tersebut banyak memberikan warna di industri kreatif yang kian masif perkembangannya saat ini. Menurutnya, AWF 2024 bukan hanya menjadi ajang untuk membangun koneksi atau menjalin relasi, melainkan juga peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar dari ahlinya, serta membuka peluang baru karier mereka di masa depan. “AWF merupakan salah satu bentuk implementasi UAS mahasiswa prodi Periklanan Kreatif sebelum mereka terjun ke industri di semester selanjutnya. Saya berharap agar mereka mendapatkan pengalaman yang banyak dari penyelenggaraan event ini. Sehingga, mahasiswa sudah sangat siap menghadapi industri saat magang pada semester selanjutnya. Di samping itu, kegiatan ini juga menjadi bukti bahwa pembelajaran vokasional dapat diterapkan dan memiliki manfaat yang dirasakan masyarakat secara langsung,” ungkap Padang.

(Foto: Salah satu pemateri saat memberikan paparan mengenai industri periklanan)

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Janoe Arijanto, Ketua Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia Pusat, pada sambutannya ia mengatakan bahwa acara yang diselenggarakan mahasiswa Vokasi UI sangat menarik dan inspiratif. Janoe menuturkan, “Saya sangat mendukung kegiatan AWF 2024 yang patut dijalankan setiap tahunnya. Wadah untuk mahasiswa belajar dari para pakar periklanan merupakan salah satu kesempatan emas sebelum mereka menghadapi industri yang sesungguhnya.”

(Foto: Mahasiswa prodi Periklanan Kreatif yang sukses menggelar kegiatan Advertising Week Festival 2024)

AWF 2024 sukses menginspirasi dan memotivasi generasi muda untuk berkarya dan berinovasi dalam industri periklanan. Kegiatan tersebut juga menunjukkan bahwa masa depan industri periklanan di Indonesia akan didominasi talenta-talenta muda yang kreatif dan penuh semangat. Tentunya, AWF 2024 terselenggara degan sukses berkat dukungan dari berbagai pihak, termasuk sponsor utama BCA Syariah, serta sponsor lainnya, seperti Wardah, Acuvue, KAMA Indonesia, Marketeers, Picapose, Haus!, Infomedia, MIND ID, dan Bioskop Online.

author avatar
Humas Program Pendidikan Vokasi UI
WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!