Depok-Tim mahasiswa Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) meraih Juara 3 Public Relations Campaign dalam ajang festival komunikasi tahunan yang beberapa waktu lalu diselenggarakan Universitas Diponegoro (UNDIP), Commweek UNDIP 2025.

Tim mahasiswa UI itu terdiri atas empat orang, yakni Yudistira Chandra Oktawia, Rivaldo Agria, Dalila Effat Aziza, dan Nur Zakia Rahmani, yang menghadirkan kampanye berjudul “#SUARA” (Sinergi Untuk Aksi dan Reformasi Anak Bangsa), berfokus pada penguatan citra dan kepercayaan publik terhadap Kementerian Keuangan RI.

Kampanye tersebut dikembangkan dengan mengusung pendekatan edukasi publik mengenai literasi keuangan, transparansi fiskal, dan keterlibatan generasi muda dalam memahami peran strategis Kementerian Keuangan.

“Kampanye ini dirancang agar isu fiskal yang kompleks dapat dipahami publik, khususnya anak muda, melalui pesan yang sederhana dan bermakna,” kata Yudistira Chandra Oktawia.

(Foto: Empat mahasiswa Vokasi UI yang berhasil meraih Juara 3 Public Relations Campaign di Commweek UNDIP 2025)

Seluruh gagasan dalam kampanye itu dibangun dengan menggunakan metode ROSTIR (Research, Objectives, Strategy, Tactics, Implementation, Reporting) guna memastikan setiap tahap kampanye disusun secara sistematis, termasuk riset mendalam untuk memetakan isu dan audiens, penetapan tujuan komunikasi yang terukur, perincian strategi dan taktik, penyusunan rencana implementasi yang realistis, hingga pelaporan dan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas program.

Riset mengenai tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia menjadi fondasi utama dan dikembangkan menjadi tujuan komunikasi, perancangan taktik, serta peta jalan kampanye yang mencakup rangkaian edukasi publik, aktivitas digital yang engaging, penyusunan infografis yang mudah dipahami, serta alur komunikasi strategis antara institusi publik dan masyarakat.

Kolaborasi lintas disiplin menjadi keunggulan utama bagi mereka. Perpaduan perspektif dari berbagai keilmuan tersebut menghasilkan kampanye yang kuat secara strategi sekaligus kaya secara visual.

“Kompetisi ini menjadi ruang belajar yang sangat berarti bagi kami. Proses mengikuti lomba ini mengajarkan bahwa keberanian mencoba hal baru dapat membuka banyak peluang yang tidak pernah kami bayangkan sebelumnya,” tambah Yudistira.

Sementara itu, Direktur Program Pendidikan Vokasi UI Padang Wicaksono, S.E., Ph.D mengapresiasi pencapaian tersebut sebagai bukti kualitas pembelajaran terapan yang dijalankan Vokasi UI.

“Prestasi ini menunjukkan bahwa mahasiswa Vokasi UI mampu bersaing dan memberikan solusi komunikatif yang relevan terhadap isu publik. Kami bangga melihat kolaborasi lintas disiplin yang menghasilkan inovasi strategis seperti kampanye #SUARA. Melalui kompetisi ini, Vokasi UI menunjukkan bahwa kurikulum yang dibangun sudah sejalan dengan kebutuhan industri untuk melahirkan talenta yang adaptif, profesional, dan siap menjawab tantangan di dunia kerja,” ujar Padang.

WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!