Depok-Sembilan mahasiswa program studi (prodi) Produksi Media, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), berpartisipasi pada kegiatan Festival Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2024 yang diselenggarakan pada 18-21 April 2024. Acara yang diadakan di Trans Studio Mall Cibubur tersebut merupakan festival yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dalam bentuk pameran, gelar wicara, hingga perlombaan yang terbuka untuk masyarakat umum.

Keikutsertaan mahasiswa pada acara tersebut merupakan salah satu implementasi kerja sama antara prodi Produksi Media, khususnya OX-Lab, laboratorium untuk konsentrasi game development, yang merupakan salah satu anggota dari Asosiasi Game Indonesia (AGI). Sehingga, mahasiswa dapat memamerkan gim karya buatan mereka, yaitu WETANI | Scarecow In Shot dan Lodaya Conquest. Selain Produksi Media, Festival Harkonas 2024 tersebut juga menghadirkan booth lainnya di bidang gim maupun UMKM fesyen dan kuliner.

(Foto: Suasana kegiatan pameran gim mahasiswa Produksi Media di Festival Hari Konsumen Nasional 2024)

WETANI | Scarecow In Shot merupakan gim 2D pixel yang mengajak pemain untuk menembak orang-orangan sawah sebanyak mungkin agar mencetak skor. Gim ini berhasil mendapatkan juara kedua kategori Fun Choice pada kompetisi GameJam Plus Indonesia 2023. Gim tersebut dapat dimainkan pada tautan madh-creative.itch.io/wetani-2/. Sedangkan, Lodaya Conquest merupakan gim dengan genre laga dan petualangan. Pada gim tersebut, pemain harus bisa menyelesaikan misi yang ada dengan cara menjelajah arena, mengalahkan musuh, dan mengumpulkan barang yang dibutuhkan. Gim tersebut memiliki tampilan visual 2D dengan gaya seni pixel dan illustrator. Mengangkat cerita legenda mengenai asal usul kebudayaan Reog Ponorogo, gim tersebut dapat dimainkan pada tautan https://promed-ui.itch.io/lodaya-conquest/.

Mahasiswa yang terlibat dalam pembuatan gim tersebut adalah Fikri Hasan, Dani Bintang Aprilyanto, Rifqi Raditya, Bella Maedevia, Maulana Putra Alvian, Omar Xavier Uthman, Muhammad Aqshal, Darren Aqilaah, dan Cakrasena. Salah satu mahasiswa, Fikri, mengatakan bahwa keikutsertaan dirinya dan mahasiswa lainnya pada festival tersebut merupakan pengalaman baru untuk memamerkan produk gim yang mereka miliki. Fikri mengatakan, “Antusias pengunjung terhadap gim yang kami pamerkan sangat positif. Hal tersebut menjadi motivasi bagi kami untuk bisa menciptakan produk gim lain ke depannya.”

(Foto: Salah satu pengunjung mencoba gim karya mahasiswa Produksi Media)

Ketua Program Studi Produksi Media, Ngurah Rangga Wiwesa, M.I.Kom., menjelaskan bahwa implementasi kurikulum berbasis praktik milik Vokasi UI terwujud dalam bentuk produk gim yang telah dibuat mahasiswa. Menurutnya, partisipasi mahasiswa pada festival tersebut akan menambah bekal bagi mereka sebelum terjun ke dunia industri. “Saya berharap agar produk gim buatan mahasiswa Produksi Media mendapatkan atensi yang positif dan menarik minat masyarakat,” tutup Rangga.

author avatar
Humas Program Pendidikan Vokasi UI
WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!