Depok-Tren pelanggan di aplikasi streaming terus melonjak setiap tahunnya. Tak terkecuali, salah satu platform streaming berbayar Netflix yang menyediakan berbagai serial televisi dan film dari berbagai penjuru dunia. Berdasarkan data 2023 Quarterly Earnings, Netflix memiliki 232,5 juta pelanggan pada kuartal pertama 2023. Berbagai serial televisi dan film membangkitkan banyak penonton, misalnya seperti serial The Glory, musim keempat dari Stranger Things, live action dari serial One Piece, dokumenter Ice Cold:Murder, Coffee, and Jessica Wongso, hingga Gadis Kretek yang berhasil menempati posisi ke-10 serial Netflix non-bahasa Inggris terpopuler dengan penayangan sebanyak 1,6 juta kali selama 6-12 November 2023.

(Foto: Mahasiswa Vokasi UI saat melakukan kunjungan ke Netflix Indonesia)

Fenomena tersebut menjadi peluang bagi program studi Produksi Media, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) untuk menambah wawasan tentang platform over-the-top (OTT) . Mahasiswa Produksi Media berkesempatan melakukan kunjungan industri ke kantor Netflix Indonesia pada Jumat (16/11/2023). Pada kunjungan tersebut, Putri Silalahi, Head of Public Relations Netflix Indonesia, yang juga merupakan dosen Produksi Media, mengajak mahasiswa untuk mengenal pemanfaatan digital marketing melalui iklan dan media sosial untuk memasarkan berbagai produk yang dimiliki Netflix.

Ketua Program Studi Produksi Media, Ngurah Rangga Wiwesa, M.I.Kom., yang turut hadir mendampingi mahasiswa, menjelaskan bahwa program company visit tersebut dilakukan agar mahasiswa mulai mengenal industri OTT di Indonesia sebelum berkecimpung di dalamnya. “Kami memberikan wadah untuk mahasiswa melakukan kunjungan ke perusahaan dan dapat digunakan sebagai lahan praktik mereka baik itu praktik matakuliah maupun praktik magang merdeka maupun magang akhir semester. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mendukung mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan di tengah industri yang cepat mengalami perubahan,” ujar Rangga.

(Foto: Pemberian cendera mata dari Ketua Program Studi Produksi Media, Ngurah Rangga Wiwesa, M.I.Kom., kepada pihak Netflix Indonesia)

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa juga diajak untuk berkeliling melihat proses kerja di balik kantor Netflix Indonesia. Mahasiswa banyak belajar tentang proses bisnis OTT, melihat tren dan pasar Netflix di Indonesia, serta cara meningkatkan minat pengguna terhadap film dan serial yang belum tayang, sedang tayang, atau akan tayang di Netflix.

WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!