Jakarta-Kreator konten saat ini banyak digeluti oleh generasi Z, menjadi salah satu pekerjaan yang makin menunjukkan eksistensinya di industri kreatif. Dari sisi produksi, dibutuhkan banyak ahli dalam mendukung performa konten yang menarik, dinamis, dan berdampak bagi masyarakat. Sejalan dengan kebutuhan industri tersebut, program studi (prodi) Produksi Media, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) terus berkomitmen mencetak lulusan yang mampu berkompetisi di industri kreatif melalui berbagai kunjungan studi ke industri. GoPlay menjadi salah satu perusahaan yang dikunjungi oleh prodi tersebut pada Jumat, (24/06/2022) lalu. Kunjungan tersebut dihadiri oleh Ketua Program Studi Produksi Media, N. Rangga Wiwesa, M.I.Kom., CICS, MIPR, dosen tetap Produksi Media, Nailul Mona, S.I.Kom., M.Si., dan mahasiswa prodi Produksi Media.
Dalam kunjungannya, bersama dengan beberapa tim GoPlay, para mahasiswa dipandu untuk mengarungi lika-liku dunia produksi konten, baik dari sisi informatif maupun praktik. Reza Lubis, selaku Content Development Executive, memperkenalkan layanan live streaming GoPlay. Ia memaparkan bahwa GoPlay live streaming unggul melayani kebutuhan target utama mereka, yaitu milenial dan generasi Z untuk merasakan sensasi real-time interactive live streaming.
Sejak resmi diluncurkan pada 2019, aplikasi GoPlay menjadi wadah bagi para kreator konten guna menyalurkan aspek kreativitas sekaligus mendapatkan monetisasi dari hasil membuat konten. GoJek, yang merupakan perusahaan induk dari GoPlay, menilai proses pembuatan konten dapat memberi manfaat jangka panjang ke masyarakat.
(Foto: Tim GoPlay bersama dosen dan mahasiswa prodi Produksi Media di GoPlay Studio)
“Kami berdedikasi untuk membuat konten-konten berkualitas dengan mengarahkan kreator konten menentukan terlebih dahulu genre atau judul yang akan ditampilkan guna menghindari eksistensi konten yang tidak berisi atau tidak berkualitas,” ungkap Reza menjelaskan. GoPlay memiliki tiga pilar konten, yaitu Professional User Generated Content (PUGC), original content team, dan VIP team. Ketiganya memiliki keunggulan masing-masing yang bertujuan untuk menghasilkan konten menarik dan bermanfaat bagi audiens.
Di samping itu, para mahasiswa juga berkesempatan menyaksikan langsung proses produksi konten di GoPlay Studio. Bersama dengan Dodi Prananda selaku Produser dan Andi Stevanus selaku Studio Operational, para mahasiswa dipandu untuk belajar melaksanakan job description yang tersedia. Mereka dipersilakan mencoba menjadi teknisi audio visual (OBS), pengelola manajemen konten (CMS), camera person, dan talent.
(Foto: Para mahasiswa berkesempatan belajar memproduksi sebuah konten di GoPlay Studio)
Ketua Program Studi Produksi Media, N. Rangga Wiwesa, M.I.Kom., CICS, MIPR, mengatakan bahwa kunjungan studi ke industri tersebut merupakan salah satu bagian dari program Content Lab (COLAB Promed) dengan industri. Rangga menyampaikan, “Selain kunjungan studi tersebut, kami juga melakukan penjajakan kerja sama dengan GoPlay yang meliputi pengelolaan dan pengembangan mata kuliah, magang, dan perencanaan rancangan mini studio.”
“Dengan adanya kegiatan COLAB Promed dengan industri, kami berharap agar mahasiswa dapat merasakan langsung pengalaman dalam proses penciptaan sebuah konten di industri. Selain itu, kerja sama antara Vokasi UI dan GoPlay dapat terjalin dan berkelanjutan,” pungkas Rangga menutup wawancara.