Depok-Sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan Forum Konsultasi Pelayanan Publik yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, alumni, hingga mitra industri. Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (17/06/2025) tersebut menjadi bagian penting dalam komitmen Vokasi UI untuk mewujudkan pelayanan yang inklusif, responsif, dan berorientasi pada kebutuhan pengguna layanan.
Forum ini bertujuan untuk menjaring masukan, kritik membangun, serta saran perbaikan dari seluruh pihak yang berinteraksi langsung dengan layanan yang disediakan oleh Vokasi UI. Melalui dialog terbuka dan transparan, forum ini menjadi sarana evaluasi dan refleksi terhadap mutu pelayanan, sekaligus ajang sinergi antara institusi akademik dan para pemangku kepentingan eksternal. Selain itu, forum yang dilaksanakan secara berkala tersebut merupakan salah satu upaya Vokasi UI dalam mendukung kegiatan Zona Integritas di lingkungan kampus.
(Foto: Suasana kegiatan Forum Konsultasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan Vokasi UI)
Dalam sambutannya, Wakil Direktur Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Deni Danial Kesa, MBA., Ph.D, menyampaikan bahwa penyelenggaraan forum ini merupakan implementasi nyata prinsip good governance dalam pelayanan publik. “Kami ingin memastikan bahwa setiap pendapat dari para stakeholder, baik internal maupun eksternal, dapat didengar dan menjadi dasar dalam merumuskan kebijakan serta inovasi pelayanan di masa mendatang,” ujar Deni.
Vokasi UI telah memberikan beragam pelayanan yang berbasis teknologi, mulai dari pelayanan seperti Aplikasi Pengaduan, Pelaporan, dan Aspirasi Zona Integritas (APPAZI); Solusi Vokasi (SOLVI); Sistem Informasi Kegiatan Mahasiswa (SIGMA); Sistem Analisa Kinerja Tahunan Vokasi-UI (SAKTI); Sistem Penilaian Magang dan Tugas Karya Akhir Vokasi (SIMANTAV); dan lainnya. Berbagai pelayanan tersebut digunakan untuk menunjang berbagai pelayanan publik yang bersifat memudahkan dan mempercepat proses pelayanannya.
(Foto: Perwakilan mitra industri memberikan gambaran pelayanan publik di industri saat ini yang dapat diimplementasikan di Vokasi UI)
Pada kesempatan tersebut, para peserta forum memberikan beragam masukan terkait pelayanan akademik, administrasi, fasilitas pendukung, komunikasi informasi, serta keterlibatan mitra industri dalam proses pembelajaran di Vokasi UI. Semua masukan yang diberikan akan menjadi refleksi dan evaluasi bagi masing-masing unit pemberi pelayanan agar perbaikan dapat terus dilakukan.
Zona Integritas (ZI) merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan seluruh jajarannya memiliki komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Secara umum, predikat ZI ini bertujuan untuk mendorong terciptanya birokrasi yang bersih dan akuntabel, meningkatkan pelayanan publik yang prima, serta membangun budaya kerja yang transparan dan bebas KKN.
(Foto: Perwakilan alumni menyampaikan sejumlah masukan dan saran bagi kualitas pelayanan publik yang disediakan Vokasi UI)
Penyelenggaraan Forum Konsultasi Pelayanan Publik ini menjadi selaras dengan upaya Vokasi UI dalam mendukung pembangunan Zona Integritas yang diusung Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, serta pemenuhan standar pelayanan publik yang diatur dalam Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Selain kegiatan tersebut, Vokasi UI juga memberikan kesempatan kepada sivitas akademika, khususnya dosen dan tenaga kependidikan menjadi Agen Perubahan sebagai wujud pencetus perubahan dan inovasi untuk memajukan pelayanan publik yang prima.