Depok-Universitas Indonesia (UI) menggelar Vokasi Humas Festival (VokHumFest) tahun 2025 dengan fokus utama pada pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui optimalisasi promosi digital. Acara ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh program studi Hubungan Masyarakat (Humas) Vokasi UI.

VokHumFest telah berjalan sejak 2015 dan meraih penghargaan International Council for Small Business Presidential Award 2021. Pelaksanaan VokHumFest diselenggarakan oleh mahasiswa prodi Humas Vokasi UI dengan pendampingan dosen-dosen serta praktisi industri. VokHumFest akan terus berkembang dan semakin memberikan dampak positif secara konkret kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Indonesia.

Kegiatan yang terdiri dari pendampingan promosi dengan pendekatan kehumasan digital dan talkshow sejak Februari 2025 ini telah mencapai acara puncak seremonialnya berupa bazar UMKM dan festival musik yang berlangsung di Ruang Terbuka Hijau Vokasi UI.

(Foto: Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D, saat memberikan sambutan pada acara VokHumFest 2025)

Bertema Creative Empowerment, VokHumFest 2025 didukung beberapa mitra dan sponsor untuk menyukseskan acara puncak berupa bazar dan festival musik. “VokHumFest adalah bukti nyata Vokasi UI mendukung UMKM di Indonesia dan implementasi dari tridarma perguruan tinggi dalam bentuk pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Kami mengadakan gelar wicara dan bazar bebas biaya untuk delapan belas pelaku UMKM pada acara puncak setelah mahasiswa memberikan pendampingan kepada mereka selama empat bulan untuk membantu pengembangan promosi bisnis mereka,” kata Padang Wicaksono, S.E., Ph.D, Direktur Program Pendidikan Vokasi UI.

Pada VokHumFest ini, mahasiswa memproduksi berbagai materi kehumasan digital seperti konten media sosial, website, video profil, katalog, brosur, serta artikel berita untuk meningkatkan persepsi positif masyarakat terhadap delapan belas UMKM yang terpilih. Hasilnya, tidak hanya meningkatkan kesadaran merek, tetapi juga berdampak pada penjualan. Roti Caniago, misalnya, mendapatkan peningkatan penjualan hingga 70%. Adapula yang tadinya belum memiliki media sosial menjadi berani membuka kanal informasi di media sosial.

(Foto: Sejumlah mahasiswa turut memberikan pendampingan di bazar pada saat kegiatan VokHumFest 2025)

Fitriah, salah satu pelaku UMKM Roti Caniago, menyampaikan bahwa dirinya senang sekali dapat mengikuti VokHumFest 2025. “Alhamdulillah saya bisa ikut program ini. Banyak manfaat yang saya dapat, terutama cara memasarkan usaha saya secara online di media sosial, punya website untuk usaha, dibantu menciptakan konten-konten menarik. Dampaknya, media sosial usaha saya makin dikenal, pengikut bertambah, dan otomatis omzet pun meningkat. Program seperti ini sangat bagus dan sekaligus bisa menjadi wadah pembelajaran untuk teman-teman mahasiswa Vokasi UI. Terima kasih Vokasi UI sudah menyelenggarakan program ini dan mendukung UMKM dalam negeri,” ujar Fitriah.

WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!