Depok-Sejumlah mahasiswa program studi (prodi) Produksi Media, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), melakukan kunjungan industri ke salah satu media, CNN Indonesia, pada Selasa (08/10/2024) lalu. Berlokasi di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, mahasiswa prodi Produksi Media tersebut melihat dan mempelajari proses dunia jurnalistik berjalan secara langsung.

(Foto: Mahasiswa prodi Produksi Media melakukan kunjungan ke CNN Indonesia)

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Cinthia Karani, Public Relations CNN Indonesia, yang mendampingi mahasiswa selama kunjungan industri berlangsung. Cinthia menjelaskan seputar CNN Indonesia yang merupakan salah satu stasiun televisi dan situs berita milik Trans Media. CNN Indonesia menyajikan berbagai konten lokal dan internasional yang berfokus pada berita umum, bisnis, olahraga, teknologi, dan hiburan. Mahasiswa juga djelaskan mengenai teknis proses produksi media di lingkungan CNN Indonesia.

Ketua Program Studi Produksi Media, Ngurah Rangga Wiwesa, M.I.Kom., mengungkapkan bahwa kegiatan company visit merupakan salah satu media pembelajaran praktik bagi mahasiswa. Kunjungan kali ini merupakan implementasi mata kuliah Hukum dan Etika Produksi Media yang diampu oleh Niki Charles, Event Management Head Division CNN Indonesia. “Dengan melakukan kunjungan ke industri, mahasiswa akan merasakan proses kerja industri yang begitu kompleks dan mempelajari hal-hal baru di dalamnya. Selain itu, mereka juga berkesempatan untuk melakukan magang atau studi kerja di industri nantinya saat semester akhir,” ujar Rangga.

(Foto: Penjelasan mengenai sejarah CNN Indonesia yang disampaikan Cinthia Karani, Public Relations CNN Indonesia)

Setelah pemaparan, mahasiswa diajak berkeliling untuk office tour. Mulai dari ruang kontrol, hingga studio untuk melihat secara langsung proses acara berita. Pada kesempatan tersebut, mahasiswa melihat proses acara berita yang dibawakan Rivana Pratiwi, salah satu news anchor CNN Indonesia. “Semoga kegiatan company visit ini akan memberikan ilmu-ilmu baru bagi mahasiswa. Sehingga, ilmu tersebut dapat diimplementasikan saat mereka melakukan magang atau studi kerja di industri nantinya,” tutup Rangga.

WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!