Depok-Mahasiswa program studi (prodi) Hubungan Masyarakat, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), melakukan kegiatan company visit ke PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau lebih dikenal dengan JNE pada Kamis (10/10/2024) lalu. Bertema “Tujuan Utama CSR atau ESG”, kegiatan kunjungan industri tersebut bertujuan untuk memahami lebih dalam tentang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Environmental, Social, and Governance (ESG) yang diterapkan JNE.

Mahasiswa prodi Hubungan Masyarakat, yang didampingi Wida Septarina Wijayanti, S.S., M.Si., dosen pengampu mata kuliah Pemasaran Sosial, banyak mempelajari konsep CSR dan ESG agar mereka memahami pentingnya ilmu tersebut dalam kegiatan bisnis. M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur PT JNE, dan Kurnia Nugraha, Head of Media Communication PT JNE, berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang implementasi CSR dan ESG di perusahaan tersebut. “Menurut studi Sprout Social pada 2020, sebanyak 39% konsumen berpendapat bahwa brand harus memberikan kontribusi untuk tujuan sosial, dan 37% berpendapat bahwa brand harus mendorong pengikutnya untuk melakukan hal yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen saat ini tidak hanya mempertimbangkan kualitas produk atau jasa, tetapi juga nilai dan tujuan yang diusung oleh brand.”

(Foto: Kurnia menjelaskan sejarah berdirinya JNE)

Kurnia menambahkan, “JNE memiliki tiga tujuan utama dalam implementasi CSR dan ESG, yaitu 1) meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup karyawan, serta mengembangkan diri melalui beasiswa dan program pengembangan karier; 2) meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat, serta meningkatkan akses terhadap pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur; serta 3) membantu meningkatkan kualitas lingkungan, serta mendukung keberlanjutan dengan implementasi program-program dan penggunaan sumber daya yang berkelanjutan.”

Di samping itu, mahasiswa Vokasi UI juga berkesempatan mengunjungi fasilitas-fasilitas yang ada, termasuk museum JNE yang berisi sejarah berdirinya perusahaan tersebut hingga penghargaan yang diterima dan lainnya, serta melihat langsung proses pengiriman yang terintegrasi, mulai dari jasa packing barang, transport, unpacking, hingga peletakan barang sesuai permintaan pelanggan. Mahasiswa dapat melihat langsung bagaimana PT JNE mengimplementasikan CSR dan ESG dalam kegiatan operasionalnya.

Ketua Program Studi Hubungan Masyarakat, Mareta Maulidiyanti, S.Sos., M.M., mengatakan bahwa kegiatan study visit merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk belajar secara langsung di industri. Melalui kesempatan ini, mereka akan mendapatkan pengalaman secara nyata dari praktisi dan industri secara langsung di lapangan. “Saya berharap mahasiswa mendapatkan bekal dari industri secara maksimal dan mengimplementasikannya, baik saat melakukan magang atau setelah lulus dari Vokasi UI,” tutup Mareta.

WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!