Program Pendidikan Vokasi sudah menyediakan fasilitas keamanandan keselamatan, seperti monitor pengawas yang terletak di setiap gedung, CCTV yang sudah mampu memantau aset-aset vital di semua ruangan indoor maupun outdoor sebanyak 198 unit, alat pemadam api berjumlah 83 unit terletak di semua area, hydrant dalam dan luar. Selain itu, juga dilengkapi dengan sprinkle pemadam api, smoke detector yang terdapat di semua ruangan, kursi roda dan tabung oksigen terdapat di Gedung A, B, C dan Auditorium, lemari K3L untuk penyimpanan alat pelindung diri (APD) terdapat di gedung A dan B, denah ruangan, tangga darurat, pintu darurat, informasi jalur evakuasi, nomor darurat terdapat di semua lantai tiap gedung. Di beberapa ruangan telah menggunakan gagang pintu biometrik, untuk masuk ke gedung sudah menggunakan kartu akses agar menjaga keamanan. Semua fasilitas keamanan dan keselamatan berfungsi baik dan terpelihara.

Terdapat petunjuk penggunaan hydrant dan apar, serta terdapat alarm tanda bahaya di gedung VA, VB, VC, sebagai pemberitahuan jika terjadi kecelakaan, kejahatan, kebakaran dan bencana alam, dengan minimal waktu tidak lebih dari 10 menit. Program Pendidikan Vokasi UI melakukan berbagai simulasi untuk melakukan mitigasi risiko yang terjadi. Sedangkan, keamanan berlalu lintas di lingkungan Vokasi UI, telah diatur petunjuk arah masuk, keluar, parkir maupun larangan parkir yang sangat berguna untuk keselamatan dan ketertiban berlalu lintas di lingkungan Vokasi UI.

Selain peralatan dan perlengkapan keamanan dan keselamatan, Vokasi UI melakukan sosialisasi kesiapan dan kesigapan tanggap darurat bencana. Hal ini merupakan upaya untuk meminimalisir akibat bencana, sosialisasi penanggulangan kebakaran dan pemadaman api kecil menggunakan apar. Di samping itu, juga dilakukan promosi keselamatan dengan memasang poster dan edukasi di media sosial tentang keselamatan dalam berkendaraan bermotor, dan mengimbau kepada seluruh unit kerja agar melakukan mitigasi risiko keamanan dan keselamatan yang dilakukan di berbagai media poster dan website.

Pegawai di lingkungan Vokasi UI sudah mengikuti pelatihan dan sertifikasi K3 & P3K. Dengan adanya hal tersebut, diharapkan keamanan dan keselamatan diri maupun lingkungan di sekitarnya dapat diantisipasi segera. Selain itu, Vokasi UI menerima kunjungan dari Unit Pengelola Teknis Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan Universitas Indonesia (UPT K3L UI) pada Rabu (19/6/2024). Kunjungan tersebut dilakukan sebagai bagian dari aktivitas monitoring dan evaluasi yang rutin dilakukan oleh UPT K3L UI. Hadir pada kegiatan tersebut tim UPT K3L UI, yaitu Dr. Ir. Sjahrul M. Nasri, M.Sc. (Kepala UPT K3L UI)

WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!