Depok-Program studi Hubungan Masyarakat, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) melalui Himpunan Mahasiswa Vokasi Humas UI (HMVOKHUM UI) melakukan company visit ke kantor Blibli, salah satu perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia pada Kamis (12/09/2024). Company visit tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan langsung kepada mahasiswa terkait praktik komunikasi korporat dan strategi bisnis dalam dunia public relations (PR). Sebanyak 58 mahasiswa prodi Hubungan Masyarakat berpartisipasi pada kegiatan company visit tersebut. Adapun kunjungan industri tersebut merupakan salah satu praktik untuk mendalami beberapa mata kuliah, seperti Penulisan Naskah Humas dan Multimedia, Relasi Pemangku Kepentingan, dan Manajemen Citra.
Acara dimulai dengan sesi pengenalan Blibli Mart sebagai platform penjualan produk makanan berkualitas tinggi. Mahasiswa berkumpul di Blibli Mart, lalu diajak untuk berkeliling dan mengenal konsep Blibli Mart yang mengutamakan kualitas produk dan mendukung cashless transaction melalui aplikasi Blibli. Selanjutnya, rombongan mahasiswa melanjutkan kegiatan office tour. Peserta disambut oleh pihak Blibli, salah satunya adalah Varrel Vendira, Human Capital Communication Strategist Blibli, yang menjadi pemandu dari kegiatan tersebut. Tur dimulai dengan mengenalkan fasilitas kantor Blibli, mulai dari games corner hingga daycare yang disediakan untuk anak-anak karyawan serta program pengenalan sustainability Blibli yaitu “Blibli Cinta Bumi.”
(Foto: Kunjungan industri ke Blibli yang dilaksanakan mahasiswa prodi Hubungan Masyarakat)
Selain pemaparan dari Blibli, acara ini juga menghadirkan sesi alumni sharing oleh Ajeng Nur Annisa dan Gilang Rafi Fahrezi, alumni prodi Humas yang kini bekerja di Blibli. Mereka berbagi pengalaman tentang peran mereka di perusahaan dan bagaimana ilmu yang didapatkan selama menempuh pendidikan di Vokasi UI diterapkan dalam karier mereka di dunia kehumasan yang sesungguhnya. “Pesan saya, menjadi alumni bukan berarti perjalanan selesai. Melainkan ini adalah langkah awal untuk berkarir. Jalin relasi, persiapkan skill, dan terus belajar karena kesempatan sering datang dari arah yang tak terduga,” ucap Gilang.
Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan cendera mata dari HM Vokasi Humas UI kepada Blibli, serta sesi foto bersama seluruh peserta sebagai kenang-kenangan dari acara yang penuh wawasan ini. “Dengan adanya company visit ini, diharapkan mahasiswa Vokasi Humas UI dapat memperkaya pengetahuan mereka dan mempersiapkan diri lebih baik dalam menghadapi dunia kerja, khususnya di industri PR yang dinamis dan terus berkembang.” tutup Dony.
Ketua Program Studi Hubungan Masyarakat, Mareta Maulidiyanti, S.Sos., M.M., mengungkapkan bahwa kunjungan ke industri merupakan salah satu rangkaian pembelajaran di prodi Humas. Menurutnya, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman baru ketika mereka melihat proses kerja di industri secara langsung. “Adanya company visit seperti ini akan memberikan semangat bagi mahasiswa untuk mendalami dunia industri secara lebih baik. Selain itu, pengalaman tersebut juga dapat menjadi bekal bagi mereka untuk membangun relasi, belajar, serta mempersiapkan diri sebelum magang atau ketika lulus dari Vokasi UI,” tutup Mareta.