Depok-Bertepatan dengan bulan Ramadan 1445 Hijriah, Ikatan Wanita Keluarga (IWK) Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), dan Vocational Wellness Center menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) berupa pemberian santunan dan pengecekan kesehatan bagi anak yatim dan duafa di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Ilmi, Beji, Depok. Kegiatan pengmas yang dilakukan pada Senin (01/04/2024) tersebut dilakukan oleh pengurus IWK Vokasi UI.

(Foto: Pemberian santunan kepada anak yatim dan duafa oleh Ketua IWK Vokasi UI, Dewi Anggraini)

Ketua IWK Vokasi UI, Dewi Anggraini, menyampaikan bahwa kegiatan pengmas tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan dalam rangka memanfaatkan momentum Ramadan. Dewi mengatakan, “Kami ingin berbagi kebahagiaan dan menjalin silaturahmi untuk membuat tersenyum dan bahagia anak-anak yatim dan duafa. Selain itu, adanya pengecekan kesehatan dasar gratis kepada warga sekitar juga kami adakan agar mereka sadar akan pentingnya kesehatan diri.”

Pada kesempatan tersebut, turut terlibat sebelas mahasiswa dan alumni program studi (prodi) Fisioterapi, yang memberikan penyuluhan dan penyediaan layanan pengecekan kesehatan dasar. Adapun pengecekan kesehatan dasar yang diberikan berupa pengukuran berat badan, massa otot, umur sel, postur, keseimbangan tubuh, dan lainnya. “Keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan pengmas ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi antarsivitas akademika Vokasi UI. Kami berharap agar kolaborasi ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar,” tambah Dewi.

(Foto: Adytio saat memberikan penyuluhan kesehatan bagi anak-anak yatim Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Ilmi)

Putra Adytio Giriyoga, A.Md.Ft., salah satu alumni prodi Fisioterapi, juga memberikan penyuluhan kepada peserta terkait cara menjaga kesehatan dengan melakukan kegiatan rutin serta menjaga asupan gizi yang baik. Menurutnya, kegiatan rutin yang dapat dilakukan anak-anak adalah aktif bergerak, selalu menjaga kebersihan diri, hingga waktu tidur yang teratur. “Hal penting lainnya adalah menjaga asupan gizi anak-anak. Asupan gizi dapat diberikan dari hidangan sederhana seperti sayuran, buah, ikan, ayam, telur, dan lainnya. Hindari makanan atau minuman yang memiliki gula, lemak, dan kalori berlebih,” tutur Adytio.

(Foto: Pengecekan kesehatan bagi anak-anak yatim Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Ilmi)

Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Ilmi, yang diwakili Silvi Wahyuni, S.Sos., mengucapkan terima kasih kepada Vokasi UI yang sudah memberikan sedikit rezekinya kepada anak-anak yatim dan duafa di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Ilmi. Silvi mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan IWK Vokasi UI. Sebanyak tiga puluh anak yatim dan duafa sudah diberikan santunan dan donasi dalam bentuk kebutuhan pokok serta peralatan sekolah.”

WhatsApp whatsapp
Instagram instagram
Email
chat Chat Us!