Depok-Media sosial menjadi salah satu wadah bagi masyarakat dalam mencari informasi dan menyalurkan aspirasi mereka. Tak terkecuali, anak-anak yang juga sudah terpapar gawai  dan media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Pentingnya edukasi mengenai penggunaan media sosial yang baik dan benar pun perlu dilakukan. Program studi (prodi) Bisnis Kreatif, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) bersama Creative Business Student Association (CBSA) melangsungkan pengabdian masyarakat (pengmas) bertajuk Deciative dengan tema “Utilizing Social Media In A Creative Ways” di Rumah Belajar Senen, Jakarta Pusat pada Minggu, (07/08/2022).

(Foto: Ketua Prodi Bisnis Kreatif, Dr. Fia Fridayanti Adam, M.Si. bersama anak-anak Rumah Belajar Senen)

Ketua pengmas, Dr. Fia Fridayanti Adam, M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan pengmas tersebut bertujuan untuk meningkatkan dan mewadahi kepedulian mahasiswa terhadap kesejahteraan masyarakat. “Kegiatan ini juga dapat meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dalam memanfaatkan media sosial dalam pengembangan kualitas diri. Ide kreatif yang dimiliki anak-anak yang saat ini masih dalam tahap perkembangan juga dapat dituangkan menjadi sebuah konten di media sosial,” ujar Fia menjelaskan.

(Foto: Antusiasme anak-anak Rumah Belajar Senen dalam sesi Quiz Materi)

Sebanyak 58 anak Rumah Belajar Senen berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Hal menarik yang ditemui saat melangsungkan kegiatan tersebut adalah animo dan semangat anak-anak Rumah Belajar Senen selama kegiatan berjalan. Antusiasme ketika membagikan impian dan cita-cita mereka membuat mahasiswa dan dosen dapat mengarahkan anak-anak untuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan penggunaan media sosial dengan baik dan benar.

Risca Fleureta Hudiyono, S.E., M.S.M., dosen prodi Bisnis Kreatif, memberikan materi seputar “Do’s and Don’ts in Social Media”. Ia menyampaikan, “Selama pandemi Covid-19, gadget merupakan perangkat yang sering digunakan, baik orang dewasa maupun anak-anak. Penggunaan media sosial yang baik akan berdampak pada pengaruh yang baik pula. Maka dari itu, media sosial perlu dimanfaatkan sebaik mungkin agar mendorong motivasi belajar guna mencapai cita-cita mereka.”

(Foto: Simbolis penyerahan sertifikat kepada Rumah Belajar Senen)

Padang Wicaksono, S.E., Ph.D, Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan pengmas tersebut. Kegiatan pengmas tersebut, menurut Padang, memberikan wadah bagi mahasiswa dan dosen untuk berkolaborasi dalam memberikan awareness dan pengetahuan mengenai perkembangan digital saat ini. “Melalui program pengmas ini, saya berharap agar Vokasi UI dapat memberikan manfaat nyata dan juga berdampak positif bagi anak-anak dan masyarakat,” ungkap Padang.