Titis Wahyuni, S.Kom., M.Si.

    287

    Titis Wahyuni, S.Kom., M.Si. memulai karirnya sebagai asisten peneliti di Pusat Penelitian Sains dan Teknologi Lembaga Penelitian Universitas Indonesia pada tahun 1994-1995. Kemudian ia menjadi dosen luar biasa di Program AKK Fakultas Kesehatan Masyarakat UI pada tahun 1994-1997. Pada waktu yang bersamaan, Titus juga menjadi pengajar luar biasa di Program Diploma III Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sejak tahun 1997 hingga sekarang. Pada tahun 1999-2001, Titis melanjutkan pendidikan S2 nya di Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi UI dengan konsentrasi Sistem Informasi Akuntansi.

    Hingga saat ini Titis telah menghasilkan modul-modul kuliah seperti Teknik Perangkat Lunak, Sistem Manajemen Basis Data, Alogaritma dan Konsep Pemprograman, Sistem Informasi Akuntansi, dan lain-lain. Selain itu Titis juga telah membangun beberapa sistem aplikasi untuk Kantor Akuntan Publik, sistem pengolahan data akademik (sebelum penerapan SIAK NG) dan sistem pengelolaan data penerimaan mahasiswa baru untuk Program D3 AKK FKM UI. HAl yang sama juga dilakukan untuk Program D3 Akuntansi FEUI pada tahun 1997-1998. Titis telah mengikuti berbagai seminar, simposium, dan kurusus untuk berbagai kegiatan terkait profesinya sebagai dosen dan praktisi sistem informasi (akuntansi). Peneliti yang dilakukan dan jurnal yang dihasilkan telah berfokus pada sistem informasi akuntansi baik bagi instansi pemerintah maupun UMKM.

    Selain mengajar, Titis juga terlibat dalam kegiatan mahasiswa, seperti menjadi juri atau pembimbing untuk olimpiade mahasiswa, diskusi dengan mahasiswa Akuntansi Teknologi Sistem Informasi terkait karir, sikap dan motivasi.

    Diwaktu senggangnya Titis senang menghabiskan waktunya untuk memasak bersama dan untuk keluarga serta teman-teman dekat, yoga, jalan-jalan ke pantai, gunung, melihat pemandangan alam yang eksotis, membaca buku, dan diskusi dengan teman-teman sejawat di bidang sistem informasi (akuntansi). Hobby Titus yang lain adalah senang mengumpulkan bahan batik dari seluruh Indonesia.

    Publikasi:

    • 2014 Analisis Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat (SAPP) di Kantor Akuntansi Regional Jakarta, Jurnal Vokasi Indonesia Vol. 2, 2014, Bukti: Pernyataan Validasi Artikel Jurnal
    BAGIKAN