Laboratorium Pariwisata

Kepala Lab. Pariwisata: Priyanto, SS., M.Hum.

Program Vokasi Pariwisata merupakan satu-satunya Program Studi di Universitas Indonesia yang memiliki tiga konsentrasi, yaitu Travel, Perhotelan dan Bisnis Event (MICE: Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan mendukung tercapainya kompetensi pembelajaran secara optimal maka berbagai sarana dan fasilitas  yang memadai menjadi perhatian utama saat ini, baik yang disediakan oleh Program Vokasi maupun tergabung dengan vasilitas UI lainnya. Beberapa laboratorium tersebut antaralain sebagai berikut:

1. Laboratorium Travel

Terdiri atas Laboratorium Komputer yang dilengkapi dengan 24 unit komputer dengan program-program aplikasi berbasis Windows, Sistem Reservasi berbasis GALILEO  dan AMADEUS, tariff dan dokumen pasasi. Selain laboratorium tersebut, Program Vokasi Pariwisata secara rutin juga membangun kemitraan dengan berbagai asosiasi-asosiasi travel (salah satunya adalah ASITA: Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia) dan perusahaan-perusahaan biro perjalanan sehingga sangat membantu mahasiswa untuk mengaplikasikan secara langsung praktek Sistem Reservasi, Ticketing, tarif dokumen pasasi, pabean imigrasi, karantina, praktek pemandu wisata (Tour Guide) maupun Tour Leader serta Travel Consultant. Kegiatan praktek lainnya adalah Program On The Job Training dan Program Field Trip (Kunjungan ke Industri) agar mahasiswa berlatih dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang kelak akan ditekuni serta memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan dunia profesi.

2. Laboratorium Perhotelan & Restoran

Merupakan fasilitas yang disediakan oleh Program Vokasi Pariwisata untuk menjalankan berbagai kegiatan praktek. Lab perhotelan & restoran terdiri atas: Lab. Front Office, Lab. Accounting Hotel, Lab. House Keeping, Lab. Food & beverage Service, Lab. Food Production, Lab. Pastry, Lab. Bartending dan Lab. Stewarding, Storeroom. Selain laboratorium tersebut, program vokasi pariwisata secara rutin juga membangun kemitraan dengan berbagai asosiasi-asosiasi yang bergerak di bidang perhotelan dan restoran (Salah satunya adalah PHRI: Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia) dan berbagai laboratorium di luar kampus sehingga sangat membantu mahasiswa untuk mengaplikasikan secara lebih professional baik teori dan maupun praktek selama di kampus dalam dunia industri perhotelan dan restoran. Kegiatan praktek lainnya adalah Program On The Job Training dan Program Field Trip (Kunjungan ke Industri) agar mahasiswa berlatih dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang kelak akan ditekuni serta memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan dunia profesi.

3. Laboratorium Bisnis event (MICE)

Merupakan fasilitas yang di sediakan oleh kampus berupa fasilitas sarana dan prasarana untuk penyelenggaraan meeting, convention maupun exhibition. Mahasiswa dapat menggunakannya untuk berbagai kegiatan praktek penyelenggaraan Event Organizer dan kegiatan terkait bisnis event lainnya. Program vokasi pariwisata secara rutin juga membangun kemitraan dengan berbagai asosiasi-asosiasi yang bergerak di bidang Bisnis Event (MICE) diantaranya adalah ASPERAPI (Asosiasi Perusahaan Penyelenggaraan Pameran & Konvensi Indonesia). Kegiatan praktek lainnya adalah Program On The Job Training dan Program Field Trip (Kunjungan ke Industri, kunjungan ke event-event skala nasional maupun internasional, khususnya di Negara asean dan Negara Asia lainnya) agar mahasiswa berlatih dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang kelak akan ditekuni serta memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan dunia profesi.

Laboratorium Pariwisata Program Vokasi UI, selain sebagai sarana utama kegiatan praktek mahasiswa juga berfungsi sebagai  laboratorium kajian riset terapan dan pengabdian masyarakat.

X