Depok-Kesempatan kerja yang semakin luas dan didasari dengan kecepatan perkembangan teknologi di era digital membuat setiap individu harus cepat beradaptasi dan mempersiapkan diri menyambut era baru berbasis teknologi ini. Kurangnya kesadaran akan persiapan diri dalam menghadapi perubahan tersebut membuat banyak individu mengalami kegagalan dalam mencapai kariernya. Menjawab tantangan tersebut, program studi (prodi) Administrasi Perkantoran, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) dalam bentuk webinar yang bertajuk “Brilliant Career Start with Early Preparation in Digital Era” secara daring pada Sabtu (28/05/2022).

Ketua Program Studi Administrasi Perkantoran, sekaligus ketua pengabdi, Radityo Kusumo Santoso, S.I.A., M.M., CPM ASIA., mengatakan bahwa seminar daring ini dilaksanakan untuk memenuhi ekspektasi perubahan Industri 4.0, khususnya di bidang pekerjaan dan mempersiapkan individu untuk menghadapi era baru. “Seminar daring ini juga dibuat untuk menjadi sarana pencerdasan umum mengenai kesempatan bekerja di perusahaan yang berbasis teknologi dan hal apa yang akan dihadapi untuk kehidupan di masa mendatang,” ungkap Radityo menjelaskan.

(Foto: Ridha menjelaskan bagaimana kunci melakukan wawancara dengan baik)

Kegiatan pengmas yang dilakukan sebagai salah satu implementasi tri dharma perguruan tinggi ini menargetkan siswa/i SMA/K sederajat dan fresh graduate di Jabodetabek sebagai peserta untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi karier di era digital.

Para dosen prodi Administrasi Perkantoran Vokasi UI turut hadir menjadi narasumber untuk membagikan pengalaman di bidangnya masing-masing, yaitu Mila Viendyasari, S.Sos., M.Si. (Tantangan Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0); Rezi Arlansyah Sori Pada, M.Si. (Mempengaruhi Recruiter melalui CV); Mohammad Ridha, M.Si. (Sukses Mengikuti Wawancara Kerja); Radityo Kusumo Santoso, S.I.A., M.M., CPM ASIA. (Persiapkan Karirmu dengan Skill Kompetensi Era Digital); Istiadi, S.E., M.M., M.Si. (Job Preparation); dan Risca Fleureta Hudiyono, S.E., M.S.M. (Tampilkan Citra Diri Positif lewat Media Sosial).

(Foto: Mila menjelaskan bagaiman tantangan Vokasi di era Revolusi Industri 4.0)

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D, menyambut baik kegiatan pengmas ini. “Vokasi UI, sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasional, tidak hanya berfokus pada pengajaran di kampus saja, melainkan juga pemberian manfaat kepada masyarakat umum seperti yang dilakukan oleh prodi Administrasi Perkantoran ini. Pencapaian karier yang sukses perlu ditopang dengan pengembangan kompetensi pada softskill dan hardskill setiap individu. Dengan adanya pengmas ini, saya berharap para audiens dapat mengetahui kompetensi apa saja yang dibutuhkan dalam mempersiapkan karier di era digital,” pungkas Padang.

Untuk memenuhi akan pentingnya kebutuhan industri, Program Pendidikan Vokasi UI juga memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UI untuk mengembangkan kompetensi yang diakui secara nasional. LSP UI hadir untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang tertentu melalui berbagai skema sertifikasi kompetensi untuk membangun SDM yang unggul, kreatif, dan inovatif. Peningkatan kualitas diri melalui uji kompetensi tersebut dapat dilakukan dalam mempersiapkan karier di masa mendatang. Sehingga, penyerapan kebutuhan tenaga kerja berkualitas di industri dapat sesuai dan tepat sasaran.

X