Depok-Organisasi Himpunan Mahasiswa Vokasi Humas Universitas Indonesia (HM Vokhum UI) menyelenggarakan kegiatan bakti sosial bersama anak-anak panti asuhan melalui program berjudul PR Crayon (Creative Charity to Keep The Young Shine On) dengan tema “Bermain, Bernyanyi, dan Berkreasi”. PR Crayon merupakan sebuah program tahunan HM Vokhum UI yang memiliki berbagai bentuk kegiatan terkait seni dan budaya untuk melatih kreativitas dan kesenian anak-anak di panti asuhan.

PR Crayon telah dilaksanakan selama dua tahun terakhir secara luring. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah pemaparan materi, kuis, sesi pembimbingan, hingga unjuk bakat. Pada pelaksanaan tahun ini, HM Vokhum UI mengunjungi Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhuafa Al Hayya, Depok, Jawa Barat, Sabtu (23/07/2022) lalu. Ketua Pelaksana PR Crayon, Syafa Dwiarsa Prasida, mengatakan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan bertepatan dengan Hari Anak Nasional. “Program ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada anak-anak sekaligus mengungkapkan rasa peduli terhadap penjaminan hak anak untuk hidup seutuhnya sesuai martabat kemanusiaan,” ungkapnya.

(Foto: Para anak panti asuhan membacakan puisi berantai)

Selama kegiatan berlangsung, antusiasme anak-anak panti asuhan sangat tinggi ketika mereka mengikuti lomba kuis. Mereka juga memberikan penampilan berupa pembacaan puisi berantai dari empat orang anak. Pada kesempatan yang sama, simbolisasi penyerahan sembako dan donasi turut diberikan kepada pengurus panti asuhan.

Sebelumnya, HM Vokhum UI telah membuka donasi melalui platform Kitabisa.com dengan jumlah donasi yang terkumpul sebesar Rp2.104.000. “Kami sangat berterima kasih kepada setiap orang yang berdonasi dan memberikan dukungan terhadap kegiatan ini. Kami juga berharap agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada anak-anak panti asuhan agar terus semangat untuk belajar dan berkarya,” ujar Syafa menambahkan.

(Foto: Simbolis pemberian donasi kepada Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhuafa Al Hayya)

Pijar Suciati, S.Sos., M.Hum., Manajer Pendidikan, Kemahasiswaan, dan Alumni Vokasi UI, mengatakan, “Vokasi UI selalu mendukung kegiatan organisasi mahasiswa yang bermanfaat bagi masyarakat. Kami berharap agar kegiatan tersebut dapat terus berjalan dan menjadi contoh bagi organisasi mahasiswa lainnya.”